ZONAUTARA.com – Banyak keajaiban alam yang unik di planet Bumi. Keragaman makhluk hidup yang berkembang di Bumi sangat besar dan mereka beradaptasi secara fisik dan perilaku untuk bertahan hidup. Salah satu hal yang unik adalah flamingo yang dapat berdiri hanya dengan satu kaki. Bukan genetika atau biologi, melainkan fisika yang bisa menjelaskan alasan ini.

Mengutip dari Big Think, Ethan Siegel menjelaskan bahwa dari perspektif fisik, flamingo sangat tidak biasa. Dari kaki mereka yang panjang dan kurus hingga warna merah jambu yang khas hingga leher mereka yang panjang dan fleksibel serta paruh yang proporsional. Tidak banyak hewan lain yang seperti mereka.

Anda mungkin pernah menemukan flamingo yang berdiri dengan satu kaki dan anda bingung dengan fenomena ini. Dan hal ini bisa dijelaskan dengan ilmu fisika.

Panas tubuh flamingo

Jika manusia dengan suhu tubuh normal sekitar 37 °C (98,6 °F), berdiri telanjang saat terkena udara luar, maka ia akan kehilangan panas tubuh ke lingkungan sekitar dengan kecepatan tertentu.

Flamingo, memiliki suhu sedikit lebih panas daripada rata-rata manusia, yaitu 41 °C (106 °F). Ia pun akan kehilangan panas sedikit lebih cepat karena perbedaan suhu antara tubuh flamingo dan udara sekitarnya lebih besar daripada tubuh manusia dengan lingkungan yang sama.

Jika Anda memasukkan satu kaki saja ke dalam air, hingga mata kaki, anda akan menenggelamkan sekitar 4% dari total luas permukaan tubuh Anda. Karena perbedaan laju perpindahan panas antara tubuh manusia dan udara dan juga air, anda akan kehilangan jumlah panas yang sama melalui satu kaki yang terendam seperti yang anda lakukan melalui seluruh tubuh anda, dengan asumsi air dan udara memiliki suhu yang sama.

Bagaimana untuk kasus flamingo? Jika seekor flamingo berdiri di air dengan dua kaki, maka kaki berselaput dengan luas permukaan yang sangat besar  itu dapat dengan mudah menyebabkan flamingo kehilangan panas tubuhnya berkali-kali lebih cepat. Tetapi jika flamingo berdiri dengan satu kaki, ia dapat menghemat panas tubuhnya jauh lebih efektif.

Dibandingkan dengan flamingo yang berdiri dengan satu kaki di air, flamingo yang berdiri dengan dua kaki di dalam air akan kehilangan sekitar 140-170% dari total panas tubuhnya.