ZONAUTARA.com – Mandi dengan air bersuhu dingin di pagi hari adalah hal yang tidak menyenangkan. Namun, banyak orang yang tetap melakukannya dengan alasan kesehatan. Namun, apakah benar bahwa mandi air dingin dapat bermanfaat untuk kesehatan?

Mandi dengan air dingin digaungkan memiliki manfaat kesehatan pada awal abad ke-19 ketika dokter merancangnya untuk digunakan pada suaka dan narapidana. Tujuannya untuk menyejukkan otak yang panas dan meradang.

Sebuah penelitian dari Belanda dengan judul The Effect of Cold Showering on Health and Work: A Randomized Controlled Trial menemukan bahwa orang yang mandi air dingin lebih kecil kemungkinannya untuk mengambil cuti kerja karena sakit dibandingkan dengan mereka yang mandi air hangat.

Penelitian dilakukan pada lebih dari 3.000 orang yang dibagi menjadi empat kelompok dan diminta untuk mandi air hangat setiap hari. Lalu, satu kelompok diminta untuk mengakhirinya dengan 30 detik air dingin, yang lain dengan 60 detik air dingin, yang lain lagi dengan 90 detik air dingin. Dan kelompok kontrol hanya bisa menikmati mandi air hangat.

Setelah tiga bulan, mereka menemukan bahwa kelompok yang menggunakan air dingin mengalami pengurangan sejumlah 29% dari cuti sakit di pekerjaannya. Menariknya, durasi air dingin tidak mempengaruhi absensi penyakit.

Manfaat mandi air dingin

Alasan air dingin bagi kesehatan memang belum jelas, tetapi beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin ada hubungannya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air dingin juga tampaknya mengaktifkan sistem saraf simpatik, bagian dari sistem saraf yang mengatur respons “fight-or-flight”, sebuah reaksi fisiologis otomatis terhadap suatu peristiwa yang dianggap berbahaya, membuat stres, atau menakutkan.

Ketika sistem saraf ini diaktifkan saat mandi air dingin, maka hormon noradrenalin akan meningkat. Hal inilah yang kemungkinan besar menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah yang diamati ketika orang direndam dalam air dingin.

Perendaman air dingin juga telah terbukti meningkatkan sirkulasi darah. Saat terkena air dingin, ada penurunan aliran darah ke kulit. Saat air dingin berhenti, tubuh harus menghangatkan diri, sehingga terjadi peningkatan aliran darah ke permukaan kulit. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan sirkulasi.

Ada juga beberapa bukti bahwa mandi air dingin dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa perendaman air dingin pada suhu 14 derajat Celcius meningkatkan metabolisme.

Ada cukup banyak bukti yang menunjukkan bahwa berendam atau mandi air dingin baik untuk kesehatan, meskipun alasannya masih sedikit tidak jelas.

Tapi sebelum Anda mulai menyalakan keran air dingin, Anda perlu waspada karena air dingin yang tiba-tiba mengejutkan tubuh bisa berbahaya bagi penderita penyakit jantung.