ZONAUTARA.com – Mengapa pelanggan harus membeli dari Anda alih-alih pesaing Anda? Hal itulah yang menjadi tugas besar dari seorang pengusaha yang harus mempertahankan diri di tengah pasar yang kompetitif.

Mengutip dari Big Think, Matt Dixon, Global Head of Sales Force Effectiveness Korn Ferry, mengatakan bahwa deskripsi perusahaan anda adalah tentang proses, bukan tentang fitur spesifik produk yang membuatnya layak untuk dibeli.

Dixon menjelaskan cara mengidentifikasi kekuatan produk dan mengarahkan klien agar menyimpulkan bahwa produk andalah yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Strategi penjualan dengan diagram Venn

Dixon mengatakan bahwa proses dimulai dengan menunjukkan dengan tepat fitur terkuat anda dengan membuat diagram Venn untuk membantu strategi penjualan.

Dalam satu lingkaran, tulis semua hal yang membuat produk anda dapat dipercaya dan unik secara realistis. Di lingkaran kedua tulis semua hal yang menurut anda membuat produk pesaing anda unik. Di mana dua lingkaran tumpang tindih, pasti akan ada fitur yang sama untuk keduanya.

Di atas dua lingkaran, buat lingkaran yang berisi apa yang dicari pelanggan. Kemungkinan akan ada tumpang tindih antara apa yang diinginkan klien dan fitur yang ditawarkan oleh anda dan pesaing anda.

Peluang anda terletak pada bagian di sebelah kirinya, area yang berisi fitur-fitur unik produk anda yang sesuai dengan apa yang dicari oleh klien.

Paparkan fitur eksklusif

Luangkan waktu untuk memahami lebih dalam tentang kebutuhan klien dan lakukan riset ke mana arah bisnis mereka. Jika fitur pembeda anda benar-benar menawarkan sesuatu yang bernilai kepada pelanggan, anda sudah setengah jalan.

Dixon pun mengungkapkan bahwa anda mungkin menemukan diri anda berada dalam situasi di mana produk anda memecahkan masalah yang tidak disadari oleh pelanggan anda. Maka di situlah wawasan masuk, tanamkan gagasan untuk mengubah cara klien berpikir tentang dunia mereka.

Bisa jadi anda tahu hal itu benar-benar berharga bagi pelanggan, tetapi mereka belum melihatnya, jadi anda harus menunjukkannya, anda harus membuat mereka memahami mengapa begitu penting bagi mereka untuk melihat bisnis mereka dengan cara ini.

Dengan pergeseran perspektif ini, produk anda berdiri sendiri sebagai satu-satunya produk yang dapat memenuhi kebutuhan klien.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id