ZONAUTARA.COM- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 16-11 tahun. Hal ini disampaikan oleh juru bicara satgas Covid-19, provinsi Sulut Steaven Dandel.

“Sebagai salah satu upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman Covid-19, saat ini vaksinasi Covid-19 di Indonesia diperluas sampai dengan sasaran anak usia 6-11 tahun,” ujarnya.

Ia mengatakan provinsi Sulawesi Utara yang telah mencapai cakupan vaksinasi dosis pertama sebesar >70 persen dan cakupan vaksinasi lansia >60 persen, menjadi salah satu provinsi prioritas pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun tahap pertama.

“Ada 6 kabupaten kota yang menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tahap pertama, yakni kota Bitung, kota Manado, Tomohon, Minahasa, Minahasa Tenggara, dan Minahasa Utara,” jelasnya.

Sesuai edaran Kementerian Kesehatan, pelaksaaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun dimulai secara nasional pada tanggal 14 Desember 2021, dan Provinsi Sulawesi Utara akan diawali dengan launching secara virtual pada tanggal 15 Desember 2021.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai Selasa 14 Desember 2021 Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Kami harapkan hari Selasa  sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta,” katanya dalam sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun secara virtual.

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19,” ucap Dirjen Maxi.

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.