ZONAUTARA.com – Seseorang dengan nama tertentu yang terdiri dari huruf tertentu terkadang diasosiasikan dengan kepribadian tertentu. Mengapa demikian? Dan bagaimana hal itu terjadi?.

Sebuah penelitian dengan judul Does the Name Say It All? Investigating Phoneme-Personality Sound Symbolism in First Names yang diterbitkan di Journal of Experimental Psychology – General menjelaskan tentang bagaimana penelitian mengasosiasikan suara dalam nama dengan ciri-ciri tertentu.

Menurut penelitiannya, nama yang mengandung huruf k dan t dinilai memiliki profil yang sangat berbeda dibandingkan dengan n atau l, yaitu suara yang lebih resonan.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa orang cenderung mengasosiasikan suara tertentu dengan bentuk tertentu: kata “bouba” dengan bentuk bulat dan “kiki” dengan bentuk runcing, misalnya. Dan kita mungkin juga secara naluriah mengasosiasikan bentuk dan suara dengan keadaan emosi tertentu.

Tetapi David Sidhu dan rekan-rekannya di University of Calgary tertarik pada apakah orang menghubungkan suara dengan konsep yang lebih abstrak, seperti kepribadian. Di tiga penelitian, tim menunjukkan total 180 peserta serangkaian sifat yang mencerminkan aspek kepribadian yang berbeda.

Dalam satu penelitian, peserta melihat sepasang nama dan mereka harus memilih mana yang paling cocok dengan sifat tertentu, sementara di penelitian lain mereka melihat satu nama dan harus menilai seberapa baik orang dengan nama tersebut. Dalam studi ketiga, peserta menilai kepribadian nama yang dibuat-buat dengan suara yang mirip, seperti Mauren bukan Lauren, atau Tatie bukannya Katie.

Dalam ketiga penelitian tersebut, peserta menilai bahwa nama-nama berakhiran sonoran seperti Lauren lebih ramah, dan dalam dua penelitian mereka juga menilai mereka lebih emosional. Sebaliknya, nama dengan akhiran mengambang seperti Katie dinilai lebih ekstrovert.

Mengapa orang menilai nama tertentu kepribadian lebih ekstrovert atau lebih menyenangkan?

Para peneliti menduga bahwa di dunia nyata, nama orang benar-benar mencerminkan kepribadian mereka. Jadi dalam penelitian lain, mereka meminta lebih dari 1.000 peserta untuk menyelesaikan survei kepribadian online, tetapi tidak menemukan bukti nyata terkait hubungan antara kepribadian peserta dan suara dalam nama mereka sendiri.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id