Artis-anak ustaz luncurkan koin Kripto, awas jebakan orang terkenal

Redaktur Ekonomi
Penulis Redaktur Ekonomi
Ilustrasi koin kripto (Pexels.com)

ZONAUTARA.com – Para pesohor di Indonesia, akhir-akhir ini mulai ikut-ikutan meluncurkan koin kripto. Mereka diantaranya adalah artis dan ada anak seorang ustaz yang terkenal. Tujuan meluncurkan koin uang kripto itu, tentu saja ingin mengeruk keuntungan di bisnis mata uang kripto.

Ketua Satgas Waspada Investasi Togam L Tobing, sudah mewanti-wanti agar masyarakat berhati-hati memilih investasi di mata uang kripto. Jangan mudah tergoda hanya karena yang meluncurkan koin kripto itu adalah pesohor atau orang terkenal.

“Kami minta masyarakat cerdas dalam memilih investasi,” kata Togam dikutip dari detikcom, Sabtu (19/2/2022).

Togam mengingatkan agar masyarakat mesti memikirkan risiko jika membeli aset kripto. Menurut Togam masyarakat harus paham bahwa harga aset kripto sangat fluktuatif.

[toc]

Risiko koin kripto

Senada dengan Togam, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkapkan jika memang masyarakat ingin berinvestasi koin kripto, harus mengingat prinsip investasi.

“Prinsip investasi itu high risk high return. Low risk low return. Nah si aset kripto ini memang potensi keuntunganya besar, tapi otomatis potensi kerugiannya juga besar, ini harus benar-benar diperhatikan,” kata Andy.

Dia mengungkapkan, masyarakat juga harus ingat investasi itu tak ada jaminan akan terus naik.

“Siapapun yang ngomong, mau orang paling terkenal sekalipun ini tidak bisa dipastikan naik terus, pasti ada naik turun dan ada potensi kerugian,” jelasnya.

Andy juga mengingatkan, jika mau investasi aset kripto dananya jangan menggunakan uang panas misalnya dari utang pinjaman online atau gadai barang.

“Harus benar-benar uang dingin,” jelas Andy.

Sementara itu, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan sebaiknya masyarakat jangan tergoda dengan pompom yang dilakukan oleh para artis-artis yang baru saja mengeluarkan koin kripto. Artinya, jangan cuma karena rasa penasaran atau takut ketinggalan tren (fear of missing out/FOMO).

“Harus paham dulu apa itu kripto, apa itu koin, apa itu aset kripto. Kalau benar-benar sudah paham baru boleh ikut. Jangan sampai nggak paham semuanya tapi mau ikut. Kalau bermasalah bisa bahaya nanti,” jelas Piter.

Beberapa waktu terakhir ini, memang ramai artis yang meluncurkan koin kripto, bermain di NFT dan metaverse. Dirangkum dari berbagi sumber, berikut beberapa pesohor yang ikut meramaikan kripto.

Anang Hermansyah

Anang bersama istrinya, Ashanty merilis token kripto ke pasar Non Fungible Token (NFT) bernama ASIX yang dikembangkan bersama pakar metaverse dari IDM Token, MC Basyar.

Token kripto tersebut ludes terjual saat pertama rilis secara terbatas pada 27 Januari lalu.

Wirda Mansur

Putri pendakwah kondang Yusuf Mansur, Wirda Mansur mengumumkan akan meluncurkan token kripto ciptaannya bernama I-Coin. Langkah ini menambah daftar panjang pesohor yang terjun ke dunia kripto.

Wirda menyampaikan hal tersebut di akun Instagram pribadi miliknya @Wirda_Mansur. Rencananya I-Coin akan diluncurkan hari ini, Senin (14/02/2022).

“Dan bakal presale di 14 Februari ini cucokk.. mohon doanya buat token @icoin.id insya Allah TO THE MOON jgn ampe kelewat tuh nanti, hehe,” ujarnya.

Sementara, Yusuf Mansur mengatakan tujuan besar Wirda adalah blokchain. “Itu bukan koin (I-Coin), belum koin, tapi token untuk reward dan lain-lain. Tapi, menuju itu, menuju koin, bahkan narasi besarnya, ya, ke blockchain.

Raffi Ahmad

RansVerse adalah bisnis baru yang masih menunggu tanggal perilisannya. Dalam menciptakan RansVerse, Raffi Ahmad menggaet beberapa tim seperti VCGamers, ShintaVR, UpBanx, dan Rans Animation.

Semuanya terfokus pada project Metaverse Rans Entertainment yang dijuluki sebagai RansVerse.

Syahrini

Syahrini menjual Syahrini’s Metaverse Tour. Binance NFT dirilis pada Desember lalu dan dilaporkan langsung ludes terjual.

Menurut cuplikan gambar yang ada di Binance, NFT Syahrini bergambar wanita berhijab berwarna lilac dengan kacamata yang khas dari penyanyi tersebut.

Karya tersebut dijual dengan harga 20 BUSD atau sekitar US$ 19,99. Selain Metaverse Tour, Syahrini juga menawarkan NFT Games.

Luna Maya

Luna Maya kolaborasi dengan kreator NFT asal Jepang, Tokau untuk meluncurkan karya digital dalam jumlah terbatas hanya 10 item pada Juni tahun lalu.

Koleksi tersebut diberi nama “Luna Maya ‘Queen of the Moon”. NFT buatan Luna Maya berupa video MP4.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com