ZONAUTARA.com – Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi serangan Covid-19 yang didominasi oleh varian Omicron. Pada Februari, kasus harian Covid-19 di Indonesia mencapai puluhan ribu, yang sebagian besar disebabkan penularan varian Omicron.

Salah satu ciri dari varian Omicron memang penularannya yang sangat cepat, bahkan penyebarannya 3 hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta.

Varian Omicron menyerang pasien Covid-19 dengan gejala-gejala yang mirip dengan flu. Beberapa gejala umum yang dialami oleh pasien Omicron adalah sakit tenggorokan, pilek, bersin, kelelahan ekstrem dan batuk.

Dikutip dari CNN Indonesia, Ahli Paru dan Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro mengatakan, varian Omicron sama seperti virus lainnya yang bisa sembuh seiring berjalannya waktu.

Meski demikian jika anda terserang Covid-19 varian Omicron, setidaknya ada 4 upaya agar bisa sembuh dari serangan virus ini.

Segera minum obat antivirus

Jika dinyatakan tertular Covid-19 varian Omicron, segeralah mengonsumsi obat antivirus. Sejauh ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyetujui empat antivirus Covid-19.

Keempat obat yang direkomendasikan Kemenkes RI itu adalah Favipiravir, Molnupiravir, Paxlovid, dan Remdesivir. Beberapa di antaranya bisa didapat gratis di aplikasi telemedisin.

Meski demkian jangan sembarangan minum obat antivirus. Dapatkan resep dokter atau mendapatkan petunjuk dari dokter terlebih dahulu.

Konsumsi multivitamin dan zinc

Selain minum obat antivirus, mengonsumsi multivitamin saat terserang varian Omicron juga tidak kalah pentingnya.

Selain multivitamin, konsumsi pula makanan yang mengandung zinc.

“Vitamin C, D, dan zinc,” jelas Erlang.

Cuci mulut dan hidung sesering mungkin

Sering mencuci mulut dan hidung juga dapat menjadi cara cepat sembuh dari Omicron.

Menurut Erlang, mencuci hidung atau nasal washing dapat menjaga kesehatan hidung dari paparan bakteri, debu dan virus.

Nasal washing bisa menggunakan cairan yang mengandung senyawa NaCl atau garam. Biasa dilakukan 1 atau 2 kali dalam satu hari.

Mencuci hidung bisa juga dilakukan dengan menggunakan nose sanitizer, cairan yang digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Cairan ini umumnya berisi antiseptik seperti iodine atau yodium.

Larutan ini bekerja dengan membilas saluran hidung. Ia juga dapat mengembalikan kelembapan dan meredakan radang.

Cobalah berjemur

Cara cepat sembuh dari Omicron lainnya yakni berjemur di bawah sinar matahari. Erlang menyebut aktivitas ini sangat penting untuk pasien Omicron. Pasalnya, sinar matahari dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Kalau berjemur kan meningkatkan sistem imunitas kita. Jadi matahari itu membantu menyerap vitamin D lebih banyak,” ujarnya lebih lanjut soal cara cepat sembuh dari Omicron.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id