bar-merah

Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia torehkan prestasi, jadi juara Asia

bulu tangkis
Tim bulu tangkis putri Indonesia, dari kiri ke kanan, Bilqis Prasista, Putri Kusuma Wardani, Amalia Cahaya Pratiwi, Gregoria Mariska Tunjung, Jesita Putri Miantoro, Febriana Dwipuji Kusuma, Lanny Tria Mayasari, Stephanie Widjaja, Nita Violina Marwah, dan Saifi Rizka Nurhidayah dengan bendera Merah Putih seusai mengalahkan Korea Selatan, 3-1, pada final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia di Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022). (Foto: Humas PP PBSI)

ZONAUTARA.com – Para pemain muda bulu tangkis putri Indonesia membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di tingkat Asia. Selama ini tim putri Indonesia selalu mengalami kesulitan menembus dominasi China, Jepang, Korea Selatan bahkan Thailand.

Namun para pemain muda Indonesia baru saja menorehkan prestasi dan membuktikan bahwa Indonesia patut kembali diperhitungkan di Asia.

Gelar juara Asia berhasil di raih Gregoria Mariska Tunjung usai menang atas Korea Selatan 3-1 pada final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia di Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022).

Torehan prestasi ini merupakan gelar pertama tim putri Indonesia dalam ajang yang digelar dua tahun sekali sejak 2016 tersebut. Hasil terbaik sebelumnya adalah menjadi semifinalis pada 2018.

Kejuaraan ini juga menjadi babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber Zona Asia. Empat semifinalis tim putri yang lolos ke Piala Thomas dan Uber di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei, dari Kejuaraan Asia adalah Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, dan Jepang.

Kemenangan ini patut dirayakan meski kategori beregu putri hanya diikuti tujuh tim serta tanpa kehadiran Jepang, Thailand, dan Taiwan.

Ajang besar terakhir yang dijuarai Indonesia adalah Piala Uber, yaitu pada 1996. Pada level Asia lainnya, melalui Asian Games, medali emas hanya didapat pada Asian Games pertama, di Jakarta pada 1962.

Adapun dominasi beregu bulu tangkis putri Indonesia di tingkat Asia Tenggara, melalui SEA Games, berakhir pada 2007.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com