ZONAUTARA.comSertifikat Vaksin Covid-19 saat ini sudah menjadi dokumen penting yang harus dibawa saat bepergian dan melakukan aktivitas sosial lainnya, misalnya saat harus melakukan perjalanan dengan maskapai penerbangan.

Begitu juga saat ini untuk mencegah penularan virus Corona, pusat-pusat keramaian terutama malll menerapkan syarat bagi pengunjung bisa menunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19.

Bagi warga yang sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, Sertifikat Vaksin Covid-19 bisa ditunjukkan melalui menu dalam aplikasi PeduliLindungi.

Namun dalam beberapa situasi, saat akses internet mengalami kendala misalnya, kadangkala aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka.

Begitu juga dengan kabar baru-baru ini, yang menyebutkan bahwa aplikasi PeduliLindungi menghilang dari App Store. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi pemilik iPhone untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan melihat Sertifikat Vaksin Covid-19 miliknya.

Dengan kendala-kendala seperti itu, pengguna membutuhkan alternatif mengakses sertifikat vaksin yang dijadikan syarat masuk ke area publik.

Sertifikat vaksin sendiri merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang, apakah orang tersebut baru mendapat dosis pertama, dosis kedua, atau sudah mendapatkan dosis booster.

Namun jangan khawatir, selain melalui aplikasi PeduliLindungi, ada dua cara untuk mengecek sertifikat vaksin, yakni melalui pesan SMS dan website PeduliLindungi.

Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 melalui SMS

Ketika seseorang telah mendapatkan vaksinasi, otoritas kesehatan akan mengirikan SMS berisi tautan ke sertifikat vaksin yang ada di laman PeduliLindungi.

Untuk mengunduh sertifikat vaksin melalui SMS, Anda hanya perlu mencari SMS yang berisi tautan tersebut. Jika Anda sudah menemukan tautan tersebut, klik link dan Anda akan diarahkan ke browser.

Berikut cara mengunduh sertifikat vaksin jika sudah masuk ke browser:

1. Pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas browser Google Chrome atau Mozila.

2. Klik pada tanda panah yang mengarah ke bawah (ikon unduh).

3. File sertifikat vaksin akan terunduh ke perangkat.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa melakukan screenshot jika gambar sertifikat vaksin telah muncul di layar.

Melalui website PeduliLindungi

Selain melalui SMS, Anda juga dapat mengakses sertifikat vaksin melalui website resmi PeduliLindungi

Berikut cara untuk mengecek sertifikat vaksin melalui website PedulliLindungi:

1. Buka laman web PeduliLindungi

2. Login dengan memasukkan alamat email atau nomor yang didaftarkan untuk vaksin

3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat Anda

4. Klik profil Anda di bagian kanan atas

5. Pilih Sertifikat Vaksin

6. Klik pada nama Anda

7. Pilih sertifikat vaksin yang ingin dilihat

8. Anda dapat mengunduh sertifikat vaksin dengan klik pada pilihan Unduh Sertifikat, atau Anda juga dapat melakukan screenshot pada gambar yang muncul.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id