ZONAUTARA.com – Presiden Rusia Vladimir Putin menentang negara-negara anggota Dewan Keamanan Persekitan Bangsa-Bangsa (PBB) yang sedang menggelar sidang darurat membahas situasi krisis RusiaUkraina.

Hanya beberapa menit usai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menyerukan penarikan mundur pasukan Rusia dari Ukraina, Putin malah berpidato dan mengumumkan serangan militer.

Putin melalui pidato yang disiarkan televisi Rusia, mengumumkan bahwa dia telah “membuat keputusan operasi militer di Ukraina”. Serangan itu untuk membela separatis di wilayah Timur negara itu.

Pidato itu hanya beberapa menit usai Guterres menyampaikan permintaannya. “Presiden Putin, hentikan pasukan Anda dari menyerang Ukraina, beri kesempatan untuk perdamaian, terlalu banyak orang telah tewas,” ujar Guterres.

Para anggota Dewan Keamanan PBB yang bersidang darurat tetap berpegang pada pidato yang telah mereka siapkan, yang sebagian besar menggemakan seruan Guteres.

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengimbau Putin untuk “mundur dari jurang.”

“Kirim pasukan Anda dan tank Anda dan pesawat Anda kembali ke barak dan hanggar mereka dan kirim diplomat Anda ke meja perundingan,” katanya.

Sebelumnya beberapa negara telah menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia sebagai respon sikap Rusia terhadap Ukraina.

 




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id