bar-merah

Tabel Kalender Jawa: detil hari pasaran, wuku di bulan Rejeb dan Ruwah

Kalender Jawa
Kalender Jawa pada Maret 2022. (Enkosa.com)

ZONAUTARA.com – Suku Jawa mempunyai kearifan budaya yang diwariskan dari para leluhur mereka, yang hingga kini masih terus digunakan. Salah satu warisan itu adalah penanggalan atau Kalender Jawa.

Berbeda dengan penanggalan atau Kalender Masehi atau Kalender Islam, Kalender Jawa mempunya hitungan tersendiri.

Salah satu yang unik dari Kalender Jawa itu, apa yang disebut dengan Hari Pasaran. Jika di Kalender Masehi dalam satu pekan ada tujuh hari, maka di Kalender Jawa hanya ada lima hari pasaran.

Kelima hari pasaran tersebut adalah:

  • Legi
  • Pahing
  • Pon
  • Wage
  • Kliwon

Kalender Jawa juga sering digunakan oleh banyak orang untuk mengetahui weton dan angka neptu.

Bulan Maret di tahun 2022, sesuai dengan perhitungan Kalender Jawa jatuh pada bulan Rejeb dan Ruwah 1955. Tanggal 1 Maret 2022 bertepatan dengan 27 Rejeb 1955.

Jika menurut Kalender Masehi, bulan Maret 2022 terdiri dari 31 hari, maka dalam Kalender Jawa periode Maret 2022 Masehi dimulai dari tanggal 27 Rejeb 1955 – Alip, Sancaya Kulawu dan berakhir pada tanggal 27 Ruwah 1955 – Alip, Sancaya Kulawu.

Selain mengenal istilah hari pasaran, dalam Kalender Jawa, juga dikenal dengan istilah wuku.

Berikut Tabel Kalender Jawa yang memadukan tanggal Masehi dengan tanggal Jawa, lengkap dengan hari, hari pasaran dan wuku.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com