ZONAUTARA.com – Suku Jawa percaya bahwa untuk membuka usaha setiap orang memiliki keberuntungannya sendiri. Agar usaha berjalan dengan lancar, orang Jawa selalu melihat hari lahir atau pasaran Jawa sesuai dengan usaha yang cocok. Kearifan ini sudah turun temurun menurut Primbon Jawa.

Dalam penanggalan Jawa, setiap hari memiliki angka neptu-nya sendiri. Angka neptu inilah yang digunakan untuk melihat apakah hari lahir seseorang cocok dengan usaha tertentu.

Sesuai dengan kalender Jawa, susunan angka neptu hari lahir adalah sebagai berikut:

Minggu memiliki angka neptu 5

Senin memiliki angka neptu 4

Selasa memiliki angka neptu 3

Rabu memiliki angka neptu 7

Kamis memiliki angka neptu 8

Jumat memiliki angka neptu 6

Sabtu memiliki angka neptu 9

Berdasarkan penjabaran angka neptu hari lahir di atas, simak usaha yang cocok sesuai dengan hari lahir anda.

Hari lahir Senin

Sesuai hitungan jawa, orang yang lahir di hari senin tentunya memiliki neptu 4. Dalam sebuah buku Primbon Jawa dikatakan bahwa angka 4 adalah sifat yang mewakili firasat air.

Sedangkan untuk usaha yang cocok berdasarkan hari lahirnya yakni hari Senin adalah berdagang barang yang dijadikan sebagai kebutuhan pokok pada manusia contoh sembako, sayuran, air, ikan, daging, bumbu dapur.

Hari lahir Selasa

Orang yang lahir di hari Selasa memiliki angka neptu 3. Dalam sebuah buku Primbon Jawa bahwa angka neptu 4 adalah kelahiran yang memiliki firasat Bumi.

Adapun usaha yang cocok menurut hari lahir Selasa yakni berdagang barang yang menjadi kebutuhan dalam rumah tangga seperti berdagang perabotan rumah tangga, alat dapur, lemari, kursi, tas, dompet kendaraan dan lainya.

Hari lahir Rabu

Orang yang lahir di hari Rabu memiliki angka neptu 7. Menurut buku Primbon Jawa angka neptu 7 adalah kelahiran yang memiliki firasat angin.

Usaha yang cocok menurut hari lahir ini adalah dengan cara berjualan atau berdagang hewan ternak contoh seperti ayam, bebek, kambing, sapi, kerbau, ikan, dan burung.

Hari lahir Kamis

Orang yang lahir di hari Kamis memiliki angka neptu 8. Dalam buku Primbon Jawa angka 8 adalah kelahiran yang memiliki firasat api.

Adapun usaha yang cocok dengan angka neptu 8 yakni dengan cara berdagang atau berjualan buah-buahan seperti mangga, apel, jeruk, salak, semangka, dan masih banyak lagi.

Hari lahir Jumat

Orang yang lahir di hari Jum’at memiliki neptu 6. Dalam buku Primbon Jawa angka 6 adalah kelahiran yang memiliki firasat awan.

Usaha yang cocok berdasarkan hari lahir Jum’at yakni berdagang barang yang menjadi barang aksessoris pada manusia contoh usaha yang cocok seperti seperti jual beli emas, perak, intan, berlian, gelang, kalung, baju, celana, dan lainya.

Hari lahir Sabtu

Orang yang lahir di hari Sabtu memiliki angka neptu 9. Menurut buku Primbon Jawa angka neptu 9 adalah kelahiran yang memiliki firasat langit.

Usaha yang cocok dihari lahir Sabtu adalah dengan cara berdagang barang elektronik, kendaraan, atau membuka usaha bengkel.

Hari lahir Minggu

Orang yang lahir di hari Minggu memiliki angka neptu 5. Dalam buku Primbon Jawa angka 5 adalah kelahiran yang memiliki firasat matahari.

Adapun untuk usaha yang cocok di hari lahir Minggu adalah dengan cara berdagang makanan, minuman, membuka warung makan, dagang kue, roti, es, warung jajanan, dan msih banyak lagi.

Demikianlah ulasan hubungan antara hari lahir, angka neptu dan usaha yang cocok dilakukan sesuai dengan kearifan orang Jawa pada buku Primbon Jawa.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id