ZONAUTARA.com – Silver Skates merupakan film Rusia yang terinspirasi dari kisah Romea and Juliet dan diadaptasi dari novel karya Mary Mapes Dodge yang berjudul Hans Brinker atau The Silver Skates.

Film ini telah dirilis pada tahun 2020 lalu, dan sempat menjadi film pembuka Moscow International Film Festival pada 1 Oktober 2020. Sekarang film Silver Skates telah menjadi koleksi layanan streaming Netflix sejak 16 Juni 2021. 

Mengusung genre romansa dan petualangan, Silver Skates hadir dengan berlatarkan abad ke-19 di kota Saint Petersbug (ibu kota Rusia pada abad ke -19), yang kala itu sedang musim dingin hingga membuat sungai dan kanal membeku bak negeri dongeng. 

Sinopsis film

Silver Skates mengisahkan hubungan dua anak manusia yang berbeda kasta. Matvey (Fedor Fedotov) merupakan seorang kurir di toko permen Le Grand Pie. Ia mempunyai bakat ice skating yang luar biasa berkat sepatu roda perak pemberian ayahnya. 

Disisi lain, ada Alisa (Sofya Priss) seorang putri bangsawan yang begitu tertarik dengan sains. Namun keluarga bangsawannya menentang impiannya karena mereka menganggap perempuan tidak perlu mempunyai pendidikan yang tinggi. 

Tepat sebelum Natal, masyarakat sedang berkumpul untuk perayaan musim dingin. Namun Matvey harus tetap bekerja mengantarkan pesanan pelanggannya.

Saat pengantaran ia mengalami hambatan yang disebabkan oleh keluarga bangsawan yang menyebabkan pengiriman pesanannya terlambat. Hingga akhirnya ia dipecat dari pekerjaannya. 

Kehilangan pekerjaan membuat Matvey hilang arah, ia bergabung dengan kelompok pencuri yang dipimpin oleh Alex (Yurly Borisov).

Bergabungnya Marvey dalam kelompok pencuri membawanya bertemu dengan putri bangsawan Alisa. Hingga keduanya mengalami ketertarikan satu sama lain. 

Karena perbedaan kelas sosial membuat mereka mustahil untuk bersatu. Ditambah lagi Alisa telah di jodohkan dengan Arkadly (Kirill Zaytsev) seorang putra bangsawan sekaligus petugas kepolisian, yang saat ini bertugas sebagai pemimpin dalam misi meringkus kelompok pencuri yang dipimpin Alex bersama Matvey dan teman pencuri lainnya.

Cuplikan Silver Skates / Sumber: m.imdb.com

Lalu, apakah Matvey dan Alisa dapat bersatu? 

Film Silver Skates memang film romantis berkelas yang sayang untuk dilewatkan. Film ini berhasil menyulap kisah romantis klasik menjadi kisah penuh keajaiban dengan memberikan sentuhan pada isu politik, sosial, hingga perlawanan terhadap budaya patriarki.

Yang penasaran dengan perjalanan cinta Matvey dan Alisa, dapat menyaksikan kisah lengkapnya dalam film Silver Skates yang tayang di platform streaming Netflix.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id