ZONAUTARA.com – Apakah ada yang memiliki hobi untuk bepergian ke luar negeri baik sendiri maupun bersama dengan keluarga atau bahkan memiliki orangtua yang senang untuk bepergian ke luar negeri dalam kurun waktu yang dekat?

Tentunya jika sedang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri, penting untuk memahami kepemilikan asuransi jiwa buat orangtua, yang juga terkadang masuk dalam penawaran dari tempat penjualan tiket perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan perjalanan ke luar negeri dengan lebih aman dan mudah dalam pengurusannya.

Simak beberapa hal penting yang berkaitan dengan kepemilikan asuransi jiwa orangtua saat ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Salah satunya yakni beli asuransi perjalanan ke Singapura.

Memahami pentingnya asuransi perjalanan

Perlu untuk dipahami terlebih dahulu bahwa asuransi perjalanan sendiri menjadi salah satu dari bentuk atau jenis asuransi yang menawarkan perlindungan terhadap perjalanan yang dilakukan oleh pemegang asuransi, baik untuk perjalanan yang dilakukan di dalam maupun luar negeri.

Kepemilikan dari asuransi ini menawarkan jasa yang membuat klien menjadi merasa lebih tenang dan nyaman saat melakukan travelling ke mana saja sesuai dengan rencana yang diinginkan, terutama untuk suasana tidak menentu seperti yang saat ini tengah terjadi.

Terlebih, terdapat beberapa kondisi atau suasana yang tidak bisa diprediksi dengan datangnya, seperti misalnya tiba-tiba sakit atau perjalanan dibatalkan.

Keberadaan asuransi perjalanan akan membantu untuk mengurangi beban yang perlu untuk dikeluarkan, sehingga tidak akan terlalu banyak dampak dari pembatalan yang mendadak atau kondisi lainnya yang membuat perjalanan dibatalkan maupun kerugian lain yang ditimbulkan.

Biasanya banyak yang memilih untuk menggunakan asuransi perjalanan ini saat bepergian ke negara yang cukup jauh, misalnya seperti ke Eropa dan Amerika yang biaya perjalanannya cukup mahal.

Dalam pemilihan penggunaan asuransi perjalanan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, tentunya dengan masing-masing kelebihan dan bentuk layanan yang ditawarkan sesuai premi yang dibayarkan.

Biaya dan cara mendaftar asuransi perjalanan

Bagi yang sudah berencana untuk beli asuransi perjalanan ke Singapura, pastinya sudah memikirkan berbagai kemungkinan yang ada dan tentunya budget yang perlu dikeluarkan agar bisa mendapatkan asuransi perjalanan yang tepat.

Satu hal yang perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik bahwa harga yang perlu untuk dibayarkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan ini bisa dikatakan tidak terlalu mahal jika melihat keuntungan dan layanan yang diperoleh.

Apalagi jika dibandingkan dengan harga yang perlu dikeluarkan untuk membayar biaya perjalanan sampai ke negara tujuan. Premi yang perlu untuk dibayarkan hanya sekian persen dari harga tersebut.

Pada beberapa perusahaan asuransi perjalanan, biaya premi yang perlu untuk dibayarkan tergolong cukup rendah bahkan mulai dari Rp 15 ribu per orang sesuai pertanggungan, lama perjalanan, serta tujuan perjalanan.

Asuransi perjalanan sendiri terdapat dua jenis. Jenis pertama untuk single trip dan hanya digunakan bagi klien yang melakukan perjalanan satu kali saja dalam kurun waktu tertentu hingga 180 hari.

Sementara jenis kedua yaitu dengan program tahunan yang ditujukan bagi klien yang biasanya banyak melakukan travelling dan lama dari tanggungan yang diberikan yaitu 90 hari untuk sepanjang tahun.

Berikut ini merupakan persyaratan yang biasa diminta saat mengajukan asuransi perjalanan diantaranya:

1.         Fotokopi atau hasil scan KTP

2.         Formulir pengajuan asuransi

3.         Fotokopi paspor bagi yang melakukan perjalanan ke luar negeri

4.         Batas usia mulai dari 1 sampai 80 tahun

Informasi yang tidak kalah pentingnya yaitu berkaitan dengan proses pencairan dana asuransi sendiri yang menyesuaikan dengan skema yang ada, misalnya seperti worldwide provider sehingga bisa untuk langsung menunjukkan asuransi ke rumah sakit terkait.

Selain itu, bisa juga dengan sistem reimburse yaitu dengan membayarkan biaya rumah sakit dulu dan selanjutnya mengajukan klaim ke pihak asuransi terkait. Hal ini sesuai dengan aturan asuransi yang terkait.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id