bar-merah

Adani asal India jadi orang terkaya ke-3 di dunia, hanya kalah dari Elon Musk dan Jeff Bezos

orang terkaya
Gautam Adani (Wikimedia Commons)

ZONAUTARA.com – Memiliki kekayaan sebesar US$ 137,4 miliar atau sertara Rp 2.042 tirliun, kini Guatam Adani menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Pria asal India ini hanya kalah dari Elon Musk dan Jeff Bezos.

Ranking orang terkaya di dunia versi Bloomberg Bilionaires Index terbaru melejitkan nama Adani. Bahkan pendiri Alibaba Jack Ma dan rekan senegara Adani, Mukesh Ambani tidak pernah mencapai posisi tersebut.

Kekayaan Adani yang pernah mencoba keberuntungan sebagai pedagang berlian ini bahkan melampaui CEO LVMH Bernad Arnault.

Adani kini berbisnis batu bara dan membangun konglemerasi besar. Adani yang berusia 60 tahun ini juga merambah ke berbagai bisnis lainnya seperti membangun pusat data, semen, media dan alumina.

orang terkaya
Gautam Adani (Wikimedia Commons)

Grup Adani memiliki operator pelabuhan dan bandara swasta terbesar di India. Konglemerasinya juga mendistribusikan gas kota serta penambangan batu bara.

Saat eksepansi tambang Carmichael mendapat kecaman di Australia oleh pecinta lingkungan, Adani berjanji menginvestasikan US$ 70 miliar untuk energi hijau dan berambisi menjadi produsen ebergi terbarukan terbesar di dunia.

Poros energi hijau dan infrastruktur telah memenangkan investasi dari perusahaan termasuk Warburg Pincus dan TotalEnergies, membantu Adani memasuki wilayah yang sebelumnya didominasi oleh maestro teknologi Amerika Serikat (AS). Lonjakan batu bara dalam beberapa bulan terakhir juga mempercepat penambahan kekayaannya.

Adani dikatakan telah menambahkan US$ 60,9 miliar untuk kekayaannya pada tahun 2022 saja, lima kali lebih banyak dari orang lain. Dia pertama kali mengungguli Ambani sebagai orang Asia terkaya pada Februari, menjadi miliarder pada April dan melampaui pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya keempat di dunia bulan lalu.

ZONAUTARA.com
Tangkapan layar dari daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com