ZONAUTARA.com – Memiliki kekayaan sebesar US$ 137,4 miliar atau sertara Rp 2.042 tirliun, kini Guatam Adani menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Pria asal India ini hanya kalah dari Elon Musk dan Jeff Bezos.

Ranking orang terkaya di dunia versi Bloomberg Bilionaires Index terbaru melejitkan nama Adani. Bahkan pendiri Alibaba Jack Ma dan rekan senegara Adani, Mukesh Ambani tidak pernah mencapai posisi tersebut.

Kekayaan Adani yang pernah mencoba keberuntungan sebagai pedagang berlian ini bahkan melampaui CEO LVMH Bernad Arnault.

Adani kini berbisnis batu bara dan membangun konglemerasi besar. Adani yang berusia 60 tahun ini juga merambah ke berbagai bisnis lainnya seperti membangun pusat data, semen, media dan alumina.

Grup Adani memiliki operator pelabuhan dan bandara swasta terbesar di India. Konglemerasinya juga mendistribusikan gas kota serta penambangan batu bara.

Saat eksepansi tambang Carmichael mendapat kecaman di Australia oleh pecinta lingkungan, Adani berjanji menginvestasikan US$ 70 miliar untuk energi hijau dan berambisi menjadi produsen ebergi terbarukan terbesar di dunia.

Poros energi hijau dan infrastruktur telah memenangkan investasi dari perusahaan termasuk Warburg Pincus dan TotalEnergies, membantu Adani memasuki wilayah yang sebelumnya didominasi oleh maestro teknologi Amerika Serikat (AS). Lonjakan batu bara dalam beberapa bulan terakhir juga mempercepat penambahan kekayaannya.

Adani dikatakan telah menambahkan US$ 60,9 miliar untuk kekayaannya pada tahun 2022 saja, lima kali lebih banyak dari orang lain. Dia pertama kali mengungguli Ambani sebagai orang Asia terkaya pada Februari, menjadi miliarder pada April dan melampaui pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya keempat di dunia bulan lalu.

Tangkapan layar dari daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id