ZONAUTARA.COM – Banyak orang yang memilih langsung bekerja setelah menyelesaikan kuliah S1. Tetapi tidak sedikit pula yang memilih melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau pascasarjana. Lantas, apa saja keuntungan kuliah S2? simak penjelasan dalam artikel ini.

Jika anda mempunyai kesempatan, waktu dan dana yang cukup, tidak ada salahnya jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah hingga ke jenjang S2. Selain akan menambah tingkat akademis anda, kuliah S2 juga memberikan berbagai keuntungan.

Wawasan yang lebih luas

Sudah barang tentang melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau pascasarjana akan membuka wawasan anda lebih luas. Hal ini dikarenakan ilmu yang anda dapatkan tentu bertambah seiring dengan lamanya anda kuliah.

Kuliah di pascasarjana juga akan memberi anda keahlian yang lebih spesifik dibanding dengan apa yang anda pelajari saat menyelesaikan S1.

Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang spesifik atau menguasai satu ilmu secara khusus, tentu akan memberi berbagai keuntungan saat hendak melamar pekerjaan.

Mengasah kemampuan riset

Berbeda dengan kuliah S1, pada level pascasarjana, anda akan lebih banyak melakukan berbagai analisis, riset dan tentu mempraktikkan langsung ilmu yang didapat.

Dengan intensitas riset yang rutin seperti ini, anda akan memiliki keterampilan dan keahlian menganalisis yang lebih baik. Ini akan menjadi keuntungan dan modal tersendiri saat hendak melamar kerja nanti.

Memiliki koneksi yang luas

Tidak perlu terburu-buru untuk lansung melanjutkan kuliah ke S2 setelah wisuda S1. Anda bisa memilih bekerja dulu, atau sambil bekerja lalu memilih untuk kuliah S2.

Keuntungan kuliah S2 lainnya adalah anda akan memiliki koneksi yang lebih luas, karena akan bertemu dengan berbagai orang dengan latar belakang ilmu yang berbeda.

Jika anda sudah bekerja lantas kuliah S2, tentu koneksi keahlian akan semakin luas, dan ini akan memberi kesempatan bagi peningkatan karir anda nanti.

Karir lebih baik

Semakin seseorang berilmu semakin berpeluang untuk merintis karir yang lebih baik. Keuntungan kuliah S2 adalah anda bisa menambah ilmu yang sudah didapat sebelumnya.

Ilmu pengetahuan, skill yang diperoleh selama kuliah S2 tentu akan memberikan keuntungan bagi perjalanan karir anda nanti. Apalagi saat kuliah S2 anda sudah berkerja di sebuah perusahaan yang punya jenjang promosi sesuai tingkat pendidikan.

Itulah beberapa keuntungan yang anda bisa peroleh jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2. Di Indonesia banyak pilihan perguruan tinggi, universitas atau sekolah tinggi yang menawarkan kuliah pascasarjana.

Salah satu yang anda bisa pilih adalah PPM School of Management. Di sekolah tinggi yang mengusung nilai empat PLUS (Pioneer, Noble, Excellent, Polite) ini tersedia pula S2 Manajemen Bisnis. Selain itu anda bisa memilih berbagai jurusan S2 sesuai dengan minat anda.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id