ZONAUTARA.COM, BOLSEL– Sebagai bentuk pengenalan dan pelestarian satwa endemik Marcocephalon Maleo Festival Maleo digelar di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa, (22/11/2022).

Kegiatan dipusatkan di Pantai Desa Sondana Kecamatan Bolaang Uki dan dirangkaikan dengan Desa Expo ini dibuka oleh Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, juga dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili
kepala biro administrasi provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Abdulah mokoginta.

Dalam pembukaan acara, terlihat para pejabat dan ASN serta Sangadi menggunakan pakaian kemeja batik Maleo yang menjadi ciri khas Kabupaten Bolsel.

Dalam Sambutannya, Bupati Bolsel mengatakan, pelaksanaan  Desa Expo Kabupaten Bolsel  tahun 2022 ini adalah ajang bagi desa untuk menampilkan capaian dan keunggulan masing-masing desa.

“Baik dalam segi pengelolaan administrasi dan keuangan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan umkm, kebudayaan dan talenta dari masing-masing desa yang diaplikasikan melalui perlombaan,” kata Bupati.

Terlebih, kata Bupati, acara ini dianggap sangat luar biasa karena memadukan beberapa kegiatan, yaitu konservasi dan Maleo, Desa, UMKM. Kegiatan Desa Expo dijadikan sebagai pemicu semangat dalam membangun desa masing-masing serta menjadi tempat untuk saling bertukar informasi dan gagasan dalam pengelolaan desa.

Bupati menjelaskan, Bolsel selain keanekaragaman biota lautnya, juga dihuni satwa endemik burung Maleo, kita punya daerah konservasi di luar kawasan dalam Perlindungan satwa endemik.

“Di Bolsel selain ada dalam kawasan taman nasional juga ada diluar kawasan yaitu di Tanjung Binerean, yang saat ini kami sudah terbitkan regulasi baik Perda maupun Perbub,” jelas Bupati.

Tak lupa Bupati mengajak semua masyarakat Bolsel melalu kegiatan Festival Maleo ini turut andil dalam menjaga, melindungi dan melestarikan satwa dan keasrian daerah.

“Agar generasi berikutnya bisa ikut menikmati dan bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan Maleo kelak serta dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peminat wisata ekotourism di Bolsel,” tutur Bupati. 

Diketahui, kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekda Bolsel Marzaius Arvan Ohy, Kapolres Bolsel, Kacabjari Dumoga, Ketua Tim Penggerak PKK, pimpinan OPD, staf ahli, Staf khusus, para Camat dan Sangadi. (***)




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id