bar-merah

Perubahan kawasan di lokasi PT J Resources Bolaang Mongondow di Bakan

tambang emas bakan
Tampak lokasi pertambangan emas yang dikelola oleh PT JRBM (Google Earth)

ZONAUTARA.com – PT J Resources Bolaang Mongodow (PT JRBM) mengelola lokasi pertambangan emas di Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow sejak 2013. PT JRBM bagian dari PT J Resources Asia Pasifik Tbk yang juga kini mengembangkan lokasi tambang Doup di Bolaang Mongondow Timur.

Dikutip dari dunia-energi.com, cadangan emas di Bakan sebesar 611 koz (kilo troyounce, satu troy ounce setara 31,1 gram) dari sumber daya yang mencapai 1.036 koz. Hingga kini, PT JRBM masih aktif melakukan eksplorasi dan menemukan cadangan emas baru dengan target menemukan tambahan cadangan emas hingga 1,7 juta koz, sehingga target operasi tambang Bakan bertambah 10 tahun lagi.

Saat ini kegiatan produksi berpusat pada Main Ridge Pit dan Camp Site Pit. Pada 2022 bakal ada tambahan produksi dari Pit Tapagale. Pada 2023 ditargetkan akan ada tambahan produksi dari Jalina Pit, Gunung Botak Pit dan North Mine Main Ridge Pit.

Dibaca dari Financial Statement PT J Resources Asia Pasifik Tbk yang diakses pada 2 Desember 2022, PT JRBM memegang kontrak karya di lokasi Lanut dan Bakan sejak 1997 dan berlaku hingga 9 Agustus 2034, dengan luas area 38.150 hektar.

Adapun cadangan emas yang diukur secara internal oleh PT JRBM adalah 62.000 oz dari perkiraan 95.000 oz. Sementara sumber daya emas di lokasi konsesi ada sebesar 89.000 oz dari perkiraan 222.000 oz.

Dari dokumen laporan tersebut, disebutkan bahwa produksi PT JRBM pada 2021 mencapai 74.122 Oz dan di tahun 2022 telah mencapai 40.192 oz.

Perubahan tampak kawasan di Bakan

Dari pengamatan foto satelite yang diakses melalui Google Earth, terlihat perubahan tampak kawasan yang sangat signifikan di Bakan dan sekitarnya. Perubahan tampak kawasan sejalan dengan beroperasinya PT JRBM di area konsesi kontrak karyanya.

(Visualisasi disajikan dalam foto resolusi tinggi, harap menunggu sampai foto tersaji secara lengkap. Butuh waktu beberapa saat)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com