bar-merah

NexPage hadirkan aplikasi membaca ringkasan buku, membantu bagi mereka yang sibuk

baca buku
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – UNESCO menyartakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia saat ini hanya 0,001 persen. Padahal saat ini ada 204 juta pengguna internet di Indonesia yang setiap hari rata-rata menggunakan media online hampir 9 jam lamanya.

Pada tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University di AS.  Penelitian ini menempatkan Indonesia di bawah Thailand (posisi ke-59) dan di atas Botswana (posisi ke-61).

NextPage, sebuah startup dari Singapura melakukan riset mengapa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Temuan mereka sebagai berikut:

1. Kurangnya aksesibilitas terhadap buku

Walaupun masyarakat di perkotaan memiliki akses ke perpustakaan dan buku-buku, namun hal ini mungkin tidak berlaku untuk kota-kota dan desa-desa yang lebih terpencil.  Meskipun beberapa lokasi terpencil memiliki perpustakaan keliling, namun penawaran dan pilihan buku mereka sering kali perlu ditingkatkan.

2. Kurangnya variasi konten dan judul yang menarik

Banyak buku-buku lokal yang mengadopsi bahasa yang lebih formal dengan penyampaian gaya kuliah, membuat membaca menjadi hobi yang sangat serius. Banyak judul nonfiksi juga termasuk dalam kategori “buku teks”, sehingga terkesan berat, akademis, dan monoton. Persepsi negatif ini berasal dari minat baca, khususnya judul-judul nonfiksi.

3.  Tingginya biaya terjemahan buku-buku asing

Meskipun lebih banyak variasi ditemukan dalam judul-judul asing, hanya beberapa yang nyaman dibaca dalam bahasa Inggris. Buku-buku asing yang diterjemahkan juga mahal dan hanya tersedia untuk kalangan tertentu, sehingga kurang diterima secara luas.

NexPage percaya bahwa setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan belajar tentang budaya lain tanpa dibatasi oleh hambatan bahasa atau distribusi. NexPage membayangkan sebuah dunia di mana seseorang di Amerika Serikat bisa mendapatkan ide-ide kunci dalam bahasa Inggris dari buku yang aslinya ditulis dalam bahasa Indonesia, dan seseorang di Indonesia bisa mendapatkan ide-ide kunci dalam bahasa Indonesia dari buku yang aslinya ditulis dalam bahasa Inggris, Cina, atau bahkan Korea.

NexPage ingin menciptakan dunia ini dengan memproduksi ringkasan berkualitas tinggi dari buku-buku nonfiksi terbaik dari seluruh dunia dan menyampaikannya dalam bahasa setempat sehingga orang dapat menghemat waktu sambil membaca dalam bahasa pilihan mereka.

NexPage adalah aplikasi seluler (app) ringkasan buku nonfiksi pertama di dunia, yang telah diluncurkan di Indonesia dengan seluruh konten dalam Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa pertama yang diperkenalkan oleh NexPage, setelah bahasa Inggris, yang menunjukkan signifikansi dan pentingnya pasar Indonesia bagi perusahaan rintisan baru ini.

Tujuan akhirnya adalah untuk memiliki beberapa opsi bahasa asli untuk dipilih pengguna sehingga mereka dapat membaca buku dari seluruh dunia dalam bahasa pilihan mereka.

Langganan premium NexPage di Indonesia juga saat ini dibanderol dengan harga Rp35.000 untuk keanggotaan bulanan dan Rp349.000 untuk keanggotaan tahunan.  Tarif yang terjangkau memungkinkan penerimaan dan adopsi yang lebih luas.

Mengomentari peluncuran konten dalam Bahasa Indonesia, CEO NexPage, Tan Zhi Rong, mengatakan bahwa, Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan negara terpadat keempat di dunia, dengan populasi lebih dari 270 juta orang.

Indonesia memiliki ekonomi yang beragam dan dinamis yang berada pada posisi yang baik untuk pertumbuhan, dan penduduknya yang besar yang berusia muda yang ingin mendapatkan pengetahuan untuk memposisikan diri mereka lebih baik di masa depan dengan waktu mereka yang terbatas.

“Rangkuman buku kami sangat cocok untuk menyampaikan wawasan utama dalam hitungan menit, menghemat waktu dan uang bagi pengguna,” ujar Tan Zhi Rong melalui rilis.

Kami percaya bahwa dengan meluncurkan konten kami dalam Bahasa Indonesia, kami dapat menjangkau lebih banyak orang Indonesia yang mungkin lebih suka membaca dalam bahasa ibu mereka.  Tujuan akhir kami adalah untuk memberikan pengetahuan, mendorong peningkatan diri, dan pada akhirnya, mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat. Kami berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, sekolah, organisasi nirlaba, dan mitra lain yang berpikiran sama dalam agenda bersama ini,” jelas Tan Zho Rong.

NexPage, percaya bahwa pendidikan dan pengetahuan dapat mengubah dunia. Pendidikan mengarah pada perkembangan ekonomi, sosial dan budaya, sementara pengetahuan membuka lebih banyak peluang kerja dan dapat meningkatkan kualitas hidup.

Dengan pengetahuan, orang akan lebih memahami sejarah, lingkungan, kemajuan teknologi, dan subjek spesifik lainnya. Pendidikan juga merupakan alat terbaik untuk memerangi kemiskinan.

Cakupan konten yang luas

NexPage menawarkan beragam jenis konten dan menarik bagi segmen audiens yang berbeda.  Ada lebih dari 20 kategori judul buku, termasuk Manajemen Bisnis, Teknologi, Keuangan, Buku Terlaris Internasional, Pengembangan Pribadi, Kesehatan & Kebugaran, Pengasuhan Anak, dan Ilmu Pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Setiap minggu, NexPage juga merilis bacaan gratis minggu ini, di mana pengguna yang tidak perlu membayar untuk bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan melalui bacaan gratis ini. Pelanggan berbayar memiliki akses tak terbatas ke semua konten dan juga dapat memfavoritkan judul-judul ke perpustakaan pribadi mereka di aplikasi.

NexPage menemukan bahwa banyak orang yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang buku-buku yang ditemukan, tetapi tidak tahu bahasanya atau tidak mau meluangkan waktu untuk membaca keseluruhan buku.  NexPage mengumpulkan penerjemah, editor, desainer, dan pengembang untuk mengekstrak ide-ide terbaik dari buku-buku tersebut dan menerjemahkannya untuk dibagikan kepada seluruh dunia. App ini menyaring wawasan terbaik dan poin-poin penting dari setiap buku dan merangkumnya menjadi bacaan 15 menit, membantu pembaca mendapatkan nilai terbaik dengan menggunakan waktu yang sesedikit mungkin.

Untuk memenuhi pasar buku audio dan pengguna yang lebih suka mendengar buku yang dibacakan, NexPage juga telah menyediakan versi audio dari judul-judul bukunya. Pengguna dapat mendengarkan buku favorit mereka saat bepergian, jogging, di tempat olahraga, atau saat mengemudi, memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas dengan tangan yang bebas.  Buku audio ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia.

NexPage menyediakan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman membaca yang mereka sukai. Ini termasuk mode membaca ‘siang’ dan ‘malam’, pilihan warna latar belakang yang sesuai dengan preferensi pengguna, jenis font bacaan yang berbeda, kemampuan untuk menyesuaikan kepadatan font dan ukuran font, fungsi pencarian buku yang ramah pengguna, pemilih bahasa, dan banyak lagi.  

Aplikasi NexPage tersedia dalam format iOS dan Android dan dapat dicari di Apple dan Google Play Store. Atau, Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini: https://linktr.ee/nexpage

Tentang NexPage

NexPage adalah aplikasi ringkasan buku terjemahan nonfiksi pertama di dunia.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di situs web kami (https://www.mynexpage.com). 

Tujuan NexPage adalah untuk menerjemahkan buku-buku nonfiksi asli yang paling laris ke dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya dan meringkasnya menjadi bacaan cepat 15 menit yang mudah dicerna. Bacaan cepat ini akan menyaring wawasan utama dan poin-poin pembelajaran yang dapat diambil oleh pembaca.

NexPage adalah start-up yang berbasis di Singapura.  Didirikan pada akhir tahun 2021, NexPage pertama kali meluncurkan aplikasi selulernya pada bulan Juni 2022.

Pada Desember 2022, NexPage telah mengumpulkan lebih dari 7.000 instalasi aplikasi seluler di seluruh dunia dengan ratusan pengguna aktif harian.

Di Singapura, NexPage bermitra dengan berbagai lembaga pemerintah dan lembaga pembelajaran yang lebih tinggi untuk mencapai tujuan bersama dalam pendidikan, termasuk Workforce Singapore, Nanyang Technological University (NTU), Singapore University of Social Sciences (SUSS) dan Singapore Institute of Management (SIM) Global Education. ***



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com