Kunjungi London,  Zelenskyy Berterima Kasih atas Dukungan Inggris dalam Perang Lawan Rusia

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU



Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terbang ke London pada Rabu (8/2) untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rakyat Inggris atas dukungan mereka dalam menangkis invasi Rusia selama hampir setahun ke negaranya. Ia memperkirakan Ukraina pada akhirnya akan memenangkan perang itu.

“Kita tahu kebebasan akan menang, kita tahu Rusia akan kalah,” kata Zelenskyy di hadapan Parlemen Inggris. “Kita tahu kemenangan itu akan mengubah dunia dan ini akan menjadi perubahan yang sudah lama dibutuhkan dunia. Inggris bergerak bersama kami menuju kemenangan terpenting dalam hidup kita.”

Zelenskyy juga bertemu dengan Raja Charles di Istana Buckingham dalam perjalanan keduanya ke luar negeri sejak invasi Rusia dimulai 24 Februrai 2022, menyusul kunjungannya ke Washington, DC Desember lalu untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden dan berpidato di Kongres AS.

“Saya datang ke sini, berdiri di hadapan Anda untuk mewakili para pemberani,” kata sang presiden kepada parlemen, memberikan penghormatan kepada pasukan militer Ukraina. “Saya berterima kasih atas keberanian Anda. London telah mendukung Kyiv sejak awal,” imbuhnya.

Ratusan anggota dan staf parlemen memenuhi Aula Westminster yang berusia 900 tahun, yang merupakan area tertua di gedung Parlemen dan tidak dialiri penghangat ruangan, untuk menyimak pidato Zelenskyy.

Inggris telah menjadi salah satu pemberi bantuan militer terbesar Ukraina, dengan mengirimkan persenjataan dan peralatan senilai lebih dari $2,5 miliar. Kunjungan Zelenskyy itu dilakukan bertepatan ketika Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengumumkan bahwa Inggris akan melatih para pilot Ukraina mengendalikan “jet tempur berstandar NATO.” Lebih dari 10.000 tentara Ukraina juga telah dilatih di markas-markas militer Inggris, beberapa di antaranya untuk mengendarai tank Challenger 2 yang dikirim Inggris.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara di depan anggota parlemen Inggris selama kunjungan pertamanya ke London sejak invasi Rusia ke Ukraina, Selasa (8/2).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara di depan anggota parlemen Inggris selama kunjungan pertamanya ke London sejak invasi Rusia ke Ukraina, Selasa (8/2).

“Saya bangga mengumumkan bahwa hari ini kita akan memperluas pelatihan itu, dari tentara angkatan darat, ke angkatan laut dan para pilot jet tempur, memastikan Ukraina memiliki militer yang mampu mempertahankan kepentingannya ke depan,” kata Sunak.

Zelenskyy menyerukan kepada para anggota parlemen Inggris untuk memberikan lebih banyak lagi jet tempur canggih – permohonan sama yang disampaikan kepada AS.

“Kami akan melakukan segalanya yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan untuk membuat dunia memberi kami pesawat modern untuk memperkuat dan melindungi para pilot yang akan melindungi kita,” kata Zelenskyy.

Selama perang, Zelenskyy lebih sering berkomunikasi dengan para pemimpin Barat melalui sambungan video dari Kyiv. Namun para pejabat Eropa di Brussels mengatakan bahwa ia juga dapat hadir secara langsung sebelum puncak pertemuan para pemimpin blok beranggotakan 27 negara itu pada hari Kamis (9/2).

Di medan tempur, Ukraina mengatakan bahwa Rusia terus melancarkan serangan di wilayah timur negara tersebut, yang diyakini pejabat Kyiv merupakan bagian dari serangan baru untuk memperingati setahun invasi.

Pasukan Rusia selama beberapa hari terakhir juga melancarkan serangan penembakan besar-besaran selama beberapa hari terakhir di daerah dekat garis depan di wilayah Kharkiv timur laut Ukraina, menewaskan seorang perempuan berusia 74 tahun dan melukai seorang gadis berusia 16 tahun di kota perbatasan Vovchansk, kata gubernur setempat, Oleh Syniehubov.

Jerman, Denmark dan Belanda mengatakan pada Selasa (7/2) mereka berencana mengirim 100 tank Leopard 1 yang lebih tua namun sudah diperbarui ke Ukraina. [rd/jm]

Sumber



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com