bar-merah

Moody’s Pangkas Peringkat Utang Ukraina

Moody’s Investor Service pada Jumat (10/2) menurunkan peringkat utang Ukraina karena perang dengan Rusia yang berlarut-larut. Namun, lembaga pemeringkat global itu menaikkan outlook atau prakiraan dari negatif menjadi stabil.

Moody’s memangkas peringkat utang Ukraina menjadi Ca dari Caa3 menjelang satu tahun invasi Rusia. Peringkat Ca mengindikasikan status hampir gagal bayar.

Penurunan peringkat itu “didorong oleh efek dari perang dengan Rusia yang kemungkinan besar akan menimbulkan sejumlah tantangan jangka panjang terhadap perekonomian Ukraina dan keuangan publik,” kata Moody’s dalam pernyataannya seperti dilansir dari kantor berita AFP.

“Sejumlah tantangan itu meningkatkan risiko keberlanjutan utang pemerintah sehingga restrukturisasi utang dengan kerugian signifikan untuk para kreditor sektor swasta sangat mungkin terjadi,” imbuh lembaga itu.

Moody’s memperkirakan perekonomian Ukraina menyusut sekitar 30% tahun lalu menyusul invasi oleh Moskow.

Meski ada dukungan finansial dari para donor untuk perbaikan dan rekonstruksi, menurut Moody’s, konflik itu kemungkinan besar akan menimbulkan kerugian terhadap kapasitas produktif sektor perekonomian.

Mengenai outlook stabil yang disematkan Moody’s, lembaga itu beralasan meski ada ketidakpastian mengenai waktu pelaksanaan dan bentuknya, restrukturisasi utang menjadi sangat dimungkinkan di tengah gangguan ekonomi yang masih berlanjut dan biaya fiskal perang yang besar. [ft/pp]

Sumber



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com