bar-merah

Mengenal 4 macam ras manusia di Indonesia

Ras manusia Indonesia
Berbagai wajah ras manusia di Indonesia (MIdjourney)

ZONAUTARA.com – Sebagai negara yang besar, Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa, budaya dan tradisi yang mendiami berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman yang luas ini membentuk adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda.

Sebagai negara kepulauan yang mempunyai sejarah panjang hadirnya negara lain ke wilayah Nusantara, maka masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai ras yang diwarisi hingga sekarang.

Dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan.

Setiap manusia memiliki perbedaan ciri-ciri fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata serta ciri fisik yang lainnya.

Secara umum ras manusia di dunia ini dikelompokkan menjadi lima macam yaitu:

  1. Negroid, yang berkulit hitam dan rambut keriting.
  2. Mongoloid, yang berkulit kuning langsat, rambut kaku dan bermata sipit.
  3. Kaukasoid, berkulit putih, mata biru dan rambut pirang.
  4. Australoid, yang berkulit hitam (sawo matang).
  5. Khoisan (Afrika Selatan).

Di Indonesia sendiri dikenal ada empat macam ras yaitu:

  1. Ras Malayan-Mongoloid

Ras Malayan-Mongoloid biasanya terdapat di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi dan Kalimantan.

Wajah ras Malayan-Mongoloid (Midjourney)

Ras Malayan-Mongoloid terbagi menjadi dua subras, yaitu Proto Melayu (Suku Batak, Toraja, dan Dayak) dan Deutro Melayu (Suku Bugis, Madura, Jawa, dan Bali).

Wajah sub ras Proto Melayu (Midjourney)

Wajah sub ras Deutro Melayu (Midjouerney)

Ciri-ciri fisik ras ini antara lain berkulit kuning langsat atau sawo matang, rambut lurus atau bergelombang hitam pekat, mata sipit atau lonjong dengan kelopak mata tunggal atau ganda.

  1. Ras Melanesoid

Ras Melanesoid diketahui tinggal di Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Ciri-ciri fisik ras ini antara lain berkulit hitam atau coklat gelap dengan rambut keriting atau kribo hitam pekat. Ras ini juga memiliki hidung pesek atau lebar dengan bibir tebal.

Wajah ras Melanesoid (Midjourney)

  1. Ras Asiatic Mongoloid

Ras Asiatic Mongoloid berasal dari Cina, Jepang dan Korea. Ciri-ciri fisik ras ini antara lain berkulit kuning pucat atau putih susu dengan rambut lurus hitam pekat.

Ras ini juga memiliki mata sipit dengan kelopak mata tunggal dan hidung mancung dengan bibir tipis.

wajah ras Asiatic Mongoloid (Midjourney)

  1. Ras Kaukasoid

Ras Kaukasoid berasal dari Eropa Barat dan Timur serta Timur Tengah. Ciri-ciri fisik ras ini antara lain berkulit putih atau merah muda dengan rambut lurus atau bergelombang berwarna pirang sampai coklat tua.

Wajah ras Kaukasoid (Midjourney)

Ras ini juga memiliki mata bulat dengan warna biru sampai coklat tua dan hidung mancung dengan bibir tipis sampai sedang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com