bar-merah

Kegiatan Perdagangan yang Langka Terjalin antara Pakistan dan Israel


Sebuah asosiasi Yahudi Amerika Serikat, pada Kamis (30/3), memuji apa yang disebut sebagai pengiriman pertama produk makanan dari Pakistan kepada Israel pekan ini.

Transaksi itu melibatkan pengusaha Yahudi  asal Pakistan, Fishel BenKhald, dan tiga pengusaha Israel, kata Kongres Yahudi Amerika dalam sebuah pernyataan dari kantor pusatnya di New York.

BenKhald tinggal di Karachi, kota terbesar di negara yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Di sana, ia menjalankan bisnis produksi makanan bersertifikasi kosher (sertifikasi halal untuk umat Yahudi) untuk diekspor ke seluruh dunia. Ia pertama kali mengungkapkan aktivitas perdagangan bilateral yang jarang terjadi itu melalui Twitter pada Selasa (28/3).

Pengusaha itu memuat klip video barang-barangnya, termasuk kurma, buah kering, dan rempah-rempah, yang dipajang di pasar Yerusalem. Klip itu dilihat lebih dari 640.000 kali.

“Saya tidak menyangka ini akan menjadi kesepakatan besar,” kata BenKhald dalam komentar tertulis kepada VOA. Ia menambahkan bahwa itu bukanlah ekspor pertama produk Pakistan ke Israel.

“Pemerintah dan pembeli Israel tidak memiliki masalah menerima pengiriman langsung dari Pakistan,” katanya. Israel juga tidak punya masalah dalam mengirim pembayaran ke bank-bank Pakistan.

Inisiatif BenKhald itu dipuji terutama oleh pengikut Twitter-nya di Pakistan, dari kalangan wartawan, politisi, dan pebisnis. Sebagian dari mereka meminta nasihatnya tentang cara menjual produk ke Israel.

Pakistan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan menolak untuk mengakuinya sebagai negara berdaulat, sampai negara Palestina dibentuk, kebijakan yang sejak lama diterapkan banyak negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Namun Uni Emirat Arab dan Bahrain menjalin hubungan dengan Israel pada tahun 2020, di bawah Kesepakatan Ibrahim yang ditengahi AS. Sudan dan Maroko kemudian juga menjalin hubungan dengan Israel. [ps/ka]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com