bar-merah

Perubahan iklim lebih sering bahayakan keamanan pangan, pemadaman listrik juga ancaman

makan dan listrik
Pangan Lokal. (Foto: Ronny A. Buol)
Oleh: Elena N. Naumova, Tufts University

Setiap tahun, hampir 1 dari 6 orang Amerika terkena penyakit bawaan makanan, dan sekitar 3.000 orang meninggal karena penyakit tersebut, menurut perhitungan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Umumnya, penyebabnya adalah makanan selama piknik dan pesta yang didiamkan selama berjam-jam. Namun, gelombang panas dan pemadaman listrik adalah ancaman lain yang berkembang secara diam-diam.

Ketika suhu global meningkat, risiko makanan memburuk selama pemadaman listrik di rumah atau toko atau selama transit dalam cuaca panas ikut meningkat. Elena Naumova, ahli epidemiologi dan ahli data di Tufts University, menjelaskan risiko itu dan hal yang perlu Anda ketahui agar tetap aman.

Apa hubungan perubahan iklim dengan penyakit bawaan makanan?

Hubungan antara penyakit bawaan makanan dan perubahan iklim cukup jelas: Patogen yang menyebabkan banyak infeksi bawaan makanan peka terhadap suhu. Hal itu terjadi karena kondisi cuaca yang hangat dan basah merangsang pertumbuhan bakteri.

Ada tiga faktor utama yang mengatur penyebaran penyakit bawaan makanan: 1) kelimpahan, pertumbuhan, jangkauan dan kelangsungan hidup patogen pada tanaman, ternak dan lingkungan; 2) transfer patogen ini ke makanan; dan 3) paparan manusia terhadap patogen.

Tindakan keamanan seperti label peringatan dan penarikan produk dapat membantu memperlambat penyebaran bakteri dan parasit berbahaya, tapi tindakan ini tidak selalu berkembang cukup cepat untuk mengimbangi perubahan risiko.

Satu masalah yang tengah berkembang adalah bahwa gelombang panas, kebakaran hutan, dan badai hebat semakin memicu pemadaman listrik. Hal ini pada gilirannya mempengaruhi praktik penyimpanan dan penanganan makanan di toko, lokasi produksi dan distribusi, serta rumah.

Sebuah tinjauan data federal (nasional) pada 2022 menemukan bahwa pemadaman listrik di Amerika Serikat (AS) terkait cuaca buruk meningkat dua kali lipat dibandingkan dua dekade sebelumnya. California sering mengalami padam skala kecil selama gelombang panas dan periode risiko kebakaran hutan yang tinggi.

Hal ini dapat terjadi pada hari terpanas dan, di beberapa daerah, hari yang paling lembab, yang menciptakan kondisi ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Bakteri Salmonella, berwarna merah muda, penyebab umum penyakit bawaan makanan, menyerang sel epitel manusia.
NIAID

Apa saja penyebab penyakit bawaan makanan yang meningkat akibat panas?

Secara nasional, banyak jenis infeksi bawaan makanan mencapai puncaknya pada bulan-bulan musim panas yang hangat.

Cyclospora, satu parasit kecil yang menyebabkan infeksi usus dan ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi tinja, seringkali pada sayuran impor dan buah-buahan, mencapai puncaknya pada awal Juni.

Bakteri Campylobacter, penyebab umum diare yang sering dikaitkan dengan daging kurang matang; Vibrio, terkait dengan makan kerang mentah atau setengah matang; Salmonella, yang menyebabkan diare dan terkait dengan kotoran hewan; dan STEC, tipe umum E. coli, mencapai puncaknya pada pertengahan Juli. Dan parasit Cyptosporidium, kuman Listeria dan bakteri Shigella memuncak pada pertengahan Agustus.

Banyak dari infeksi ini menyebabkan sakit perut, tapi juga dapat menyebabkan diare parah, dehidrasi, muntah, dan bahkan penyakit jangka panjang, seperti meningitis dan kegagalan banyak organ.

A man stands in front of a dark freezer case packed with pizzas and other frozen meals.
Ketika lemari es kehilangan arus listrik, mereka tak dapat menjaga makanan tetap dingin untuk waktu yang lama. Pemilik toko di New York ini selama pemadaman tahun 2006 berkata, ‘Saya harus membuang semua ini.’
Chris Hondros/Getty Images, Author provided

Dalam penelitian kami, saya dan kolega juga menemukan bahwa penarikan makanan meningkat selama musim panas.

Biasanya, AS melihat sekitar 70 wabah bawaan makanan per bulan, dengan sekitar dua di antaranya mengakibatkan penarikan makanan. Pada musim panas, jumlah wabah bisa melebihi 100 per bulan, dan jumlah wabah terkait penarikan naik menjadi enam per bulan, meningkat dari 3% menjadi 6% dari semua wabah yang dilaporkan dan diselidiki secara nasional.

Tingkat infeksi individu juga dapat dengan mudah berlipat ganda atau tiga kali lipat rata-rata tahunan selama musim panas.

Memperkirakan jumlah infeksi dengan tepat sangat menantang karena sebagian besar wabah penyakit bawaan makanan – diperkirakan 80% penyakit dan 56% rawat inap – tidak dikaitkan dengan patogen yang diketahui karena pengujian yang tidak memadai. Dan banyak penyakit bawaan makanan bahkan tidak dilaporkan ke otoritas kesehatan.

Jenis makanan apa yang harus dikhawatirkan?

Waspadai produk makanan yang mudah rusak, termasuk daging, unggas, ikan, produk susu, dan telur, bersama dengan apa pun yang diberi label perlu didinginkan. Seberapa hangat suatu makanan sebelum menjadi berisiko bervariasi levelnya, jadi aturan paling sederhana untuk menjaga keamanan makanan adalah dengan mengikuti label dan instruksi makanan.

Situs web CDC menekankan empat aturan dasar untuk mencegah keracunan makanan di rumah: bersihkan, pisahkan, masak, dan dinginkan.

Aturan ini juga menawarkan beberapa pedoman ketika listrik padam, dimulai dengan menutup pintu lemari es dan freezer. “Satu freezer penuh akan menjaga keamanan makanan selama 48 jam (24 jam jika setengah penuh) tanpa daya listrik jika Anda tidak membuka pintu. Lemari es Anda akan menyimpan makanan dengan aman hingga empat jam tanpa listrik jika Anda tidak membuka pintunya,” katanya.

An infographic offers advice also discussed in the article.
Tips keamanan makanan.
CDC

Setelah empat jam tanpa listrik atau sumber pendingin, CDC merekomendasikan agar sebagian besar daging, produk susu, sisa makanan, serta potongan buah dan sayuran di lemari es dibuang.

Sayangnya, Anda tidak dapat melihat, mencium, atau merasakan banyak patogen berbahaya yang menyebabkan penyakit bawaan makanan, jadi lebih baik aman daripada menyesal. Aturan praktis: Jika ragu, buang saja.

Apa tanggapan terbaik jika seseorang sakit karena makanan?

Jika kamu sakit, sulit untuk menentukan pelakunya. Bakteri berbahaya dapat memakan waktu mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari untuk membuat kamu sakit. Dan orang merespons dengan cara yang berbeda, jadi makanan yang sama mungkin tidak membuat semua orang sakit.

Tanyakan kepada dokter kamu jika kamu merasa mengalami keracunan makanan. Dapatkan tes sehingga kasus kamu akan dilaporkan. Itu membantu otoritas kesehatan masyarakat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tingkat infeksi. Dampak luas infeksi seringkali tidak dilaporkan.

Saya sarankan untuk memeriksa situs web otoritas kesehatan untuk saran lebih lanjut, dan periksa penarikan makanan selama bulan-bulan panas.

The Conversation


Elena N. Naumova, Professor of Epidemiology and Data Science, Tufts University

Artikel ini terbit pertama kali di The Conversation. Baca artikel sumber.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com