bar-merah

BPOM Manado ajak masyarakat dan media awasi kinerja mereka

BPOM
Foto bersama Pegawai BPOM Manado dan perwakilan media.

ZONAUTARA.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado mengajak media dan masyarakat untuk bekerjasama dalam pengawasan kinerja BPOM. Pengawasan yang dilakukan BPOM sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Menurut Kepala BPOM Manado, Hariani saat ini ada 21 Balai Besar BPOM, serta 12 Balai POM, dan ada 40 Loka POM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Seluruh kantor BPOM tersebut sudah terakreditasi.

Menurut Hariani, masyarakat perlu mendapat edukasi tentang tugas dan tanggungjawab BPOM, serta dapat mengawasi setiap kinerja yang dilakukan BPOM.

“Kami butuh teman-teman media dalam mengedukasi masyarakat sehingga mereka bisa melindungi diri dari potensi kejahatan di bidang obat dan makanan” ujar Hariani saat menggelar Gathering Insan Media bersama Balai POM Manado, Jumaat (5/5/2023).

Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dalam mendukung tugas BPOM, di antaranya dengan membiasakan melakukan cek kemasan, cek izin edar, cek tanggal kadaluwarsa pada obat dan produk makanan kemasan.

BPOM Manado juga melakukan penguatan pengawasan diantaranya melalui Program Tarsius (Pencatatan Resiko untuk Solusi), Program Secara Adat (Pencatatan dan Pelaporan Atasi Masalah dan Tegakkan Aturan) serta Program Mo Tangka (Sosialisasi Aplikasi Monitoring dan Beritahu Langsung Kami).

Kemudian untuk peningkatan pelayanan publik, BPOM Manado memiliki Program Simpel Sampel (Sistem Informasi Digital Pelayanan Pengujian Sampel Eksternal Berbasis Online), Ta Pe UMKM (Percepatan Pendamping UMKM), Pawang Waseng (Pendampingan Minyak Tawaang Warisan Nenek Moyang) dan KIE 1000 Toga (Komunikasi Informasi dan Edukasi 1000 Tokoh Agama).

Untuk melapor dugaan kejahatan di bidang obat dan makanan, masyarakat bisa mengakses media sosial BPOM Manado, dengan nama bpom.manado untuk Facebook, dan Instagram, BpomManado untuk Twitter, Balai Besar POM di Manado untuk YouTube, atau membuka alamat website bpommanado.id dan menghubungi nomor telepon layanan 0811-4321-143.

Di sisi lain secara internal, BPOM Manado melakukan reformasi birokrasi manajemen perubahan, di antaranya Ruang Terpikkir (Ruang Terbaik Budaya Organisasi PIKKIR), SETOR RB (Semangat Torang Yel-yel Demokrasi Birokrasi), Ta Pe RB (Kita Punya Pemikiran Tentang Reformasi Birokrasi), Nomoki deng Noni (Ngobrol dan Diskusi dengan PPNPN non Teknis dan Front Liners), Podcast, serta Sabua Perubahan.

“Selain secara eksternal, kami juga memperbaiki secara internal untuk penataan pelaksana dan area peningkatan sistem management SDM seperti Disimak (Disiplin Masuk Kantor) serta pemberian punishmen dan reward bagi pegawai. Kami berharap masyarakat ikut membantu kami untuk berintegritas,” pungkas Hariani.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com