Petenis Rafa Nadal Kemungkinan Gantung Raket usai Musim 2024

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU




Juara bertahan Rafael Nadal akan melewatkan kejuaraan Prancis Terbuka pada tahun ini menyusul cedera pinggul yang dideritanya di Australia Terbuka pada Januari lalu. Pemenang Roland Garros 14 kali juga mengatakan bahwa dirinya kemungkinan akan gantung raket setelah musim 2024. 

Nadal berkompetisi di Roland Garros setiap tahun sejak merebut gelar pertama dari 22 gelar mayornya di Paris pada 2005. 

“Saya akan terlihat 100 persen siap untuk tahun depan, yang saya percaya akan menjadi tahun terakhir karir profesional saya,” kata Nadal dalam konferensi pers di akademi tenisnya di Mallorca, Spanyol. 

“Progres cedera yang saya alami di Australia tidak berjalan seperti yang saya inginkan. Saya telah kehilangan banyak target dalam prosesnya, dan (tampil) di Roland Garros menjadi tidak mungkin.” 

Nadal mengatakan dia harus berhenti bermain di masa mendatang agar dapat pulih sepenuhnya dan kembali untuk apa yang dia antisipasi akan menjadi musim perpisahannya. 

“Saya tidak akan menetapkan tanggal untuk kembalinya saya. Saya akan melihat bagaimana tubuh saya merespons,” kata petenis berusia 36 tahun itu, yang bersama dengan Novak Djokovic memegang rekor 22 gelar Grand Slam tunggal putra. “Jika saya terus bermain saat ini, saya tidak berpikir saya bisa berada di sana tahun depan. 

“Saya tidak tahu apakah saya akan dapat kembali ke level tertinggi dan bersaing untuk Grand Slam. Apa yang akan saya coba lakukan adalah memberi diri saya kesempatan untuk kembali ke tahun terakhir saya bersaing di level tertinggi.” 

Prancis Terbuka berlangsung dari 28 Mei hingga 11 Juni. 

Penyelenggara Prancis Terbuka mengatakan di Twitter: “Kami tidak dapat membayangkan betapa sulitnya keputusan ini. Kami pasti akan merindukan Anda di Roland Garros tahun ini. Jaga diri Anda untuk kembali lebih kuat di lapangan. Berharap dapat bertemu Anda tahun depan di Paris.” 

Petenis Spanyol Carlos Alcaraz, yang akan merebut kembali peringkat teratas sebelum Prancis Terbuka, dan petenis nomor tiga dunia Daniil Medvedev mengatakan mereka berharap Nadal segera kembali ke lapangan. 

Nadal mengatasi cedera kaki yang mengganggu untuk mengalahkan Casper Ruud di final Prancis Terbuka tahun lalu. Namun ia harus menghadapi masalah baru lagi, yaitu cedera panggul pada pertandingan putaran kedua melawan Mackenzie McDonald yang mengakhiri upayanya mempertahankan gelar di Melbourne Park. Dan sejak Januari, ia belum berkompetisi lagi. [ah/rs]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com