Pentingnya attitude di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari

Kontributor
Penulis Kontributor
Ilustrasi dari Freepik.com



Pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan “Attitude is everything”? Ya, attitude atau sikap adalah faktor kunci yang dapat mempengaruhi kesuksesan dan kebahagiaan baik di dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari.

Attitude merupakan cerminan dari pikiran, perilaku, dan pendekatan seseorang terhadap situasi dan orang di sekitarnya. Baik di tempat kerja maupun dalam interaksi sosial sehari-hari, memiliki attitude yang positif dan baik sangatlah penting.

Sepenting itukah attitude di dalam kehidupan kita? Artikel kali ini akan mengulas lebih lanjut lagi soal pentingnya attitude di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Simak selengkapnya berikut ini.

Attitude dalam Dunia Kerja

Pernah mendengar istilah “attitude is everything” di dalam dunia kerja? Ternyata memang benar adanya begitu. Hampir setiap perusahaan yang ada di dunia ini, saat ini, menjunjung tinggi sikap attitude yang baik.

Bahkan jargon “attitude lebih penting daripada hard skill” pun kerap kali muncul belakangan ini. Ini membuktikan bahwa attitude itu memang sangat penting, lebih penting daripada kemampuan/keahlian tertentu. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan terjadi. Pasalnya, attitude dapat memengaruhi hampir seluruh aspek yang ada di dalam dunia professional.

Attitude yang baik akan mengakibatkan pada hasil pekerjaan yang baik juga. Contoh kecilnya ialah, pekerja dengan attitude yang baik akan bisa berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik bersama tim, maka ia pun akan disukai rekan kerja dan jika ada pekerjaan bersama tim maka tidak akan susah baginya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Nah, lantas apa saja yang harus dilakukan agar kamu bisa memiliki attitude yang baik dalam dunia kerja? Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu terapkan.

Disiplin Waktu

Untuk memperbaiki atau meningkatkan attitude di dunia kerja, kamu bisa memulai dari hal yang paling mudah dan dasar, yaitu disiplin waktu. Datanglah tepat waktu dan jangan pulang sebelum waktu kerjamu selesai.

Pastikan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan kamu juga selesai dengan tepat waktu. Apabila kamu sudah terbiasa dengan disiplin waktu, maka kamu juga akan merasa nyaman dan tidak tertekan saat bekerja.

Disiplin waktu juga akan menunjukkan bahwa kamu memiliki komitmen penuh terhadap pekerjaan kamu. Orang-orang juga akan menganggap bahwa kamu adalah orang yang menghargai waktu.

Bersikap Professional

Setiap orang memiliki kehidupan dan masalah pribadinya masing-masing. Tetapi, ketika sudah sampai di tempat kerja, maka tinggalkan dan lupakanlah sejenak masalah kamu yang ada di rumah, dan fokuslah pada pekerjaan.

Tunjukkan good attitude saat sudah berada di lingkungan kerja. Dengan melupakan sejenak segala masalah atau pikiran yang ada di luar pekerjaan, maka kamu juga dapat bekerja dengan lebih efektif dan produktif.

Sesungguhnya profesionalitas seseorang akan menunjukkan seberapa baik attitudenya dan seberapa besar dedikasinya terhadap pekerjaannya.

Menerima Kritik

Kemudian terimalah kritik secara terbuka dan jangan ambil ke hati. Kamu pasti tidak akan menyadari jika memiliki sikap yang kurang baik, oleh karena itu kritikan yang datang dari orang lain menjadi hal yang baik untuk kamu agar bisa memperbaiki diri dan attitude kamu sendiri.

Menjadi orang yang dapat menerima kritik akan membuatmu dipandang sebagai orang yang hebat dan sadar akan pentingnya attitude.

Bersikap Sopan dan Santun

Tidak hanya profesional, kamu juga perlu memiliki sikap yang sopan dan santun. Ini bisa dibilang menjadi hal yang basic dalam membangun attitude yang baik di dunia kerja.

Tidak hanya sopan dan santun kepada rekan kerja, kamu juga perlu melakukan ini kepada klien atau orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan kamu.

Bersikap sopan dan santun sesungguhnya akan membuat kamu dihormati orang lain.

Memperhatikan Penampilan

Dan cara untuk menumbuhkan attitude yang baik di dunia kerja yang terakhir adalah dengan memperhatikan penampilan. Setiap perusahaan atau tempat kerja biasanya memiliki aturan masing-masing untuk pakaian pekerjanya.

Kamu tidak perlu berpenampilan rapi setiap hari, pastikan lah bahwa kamu berpenampilan sopan dan tidak berantakan. Hindari juga mengenakan pakaian transparan dan ketat agar kamu tidak mendapatkan image kurang baik.

Attitude dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tidak kalah pentingnya di dunia kerja, attitude yang baik juga perlu kamu miliki di dalam kehidupan sehari-hari. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Bersikap dan Berpikir Positif

Pernah mendengar istilah “law of attraction”? Istilah ini menjelaskan bahwa apa yang kamu pikirkan, itu yang akan kamu dapatkan.

Dengan kata lain, jika kamu berpikir dan bersikap positif, maka sesuatu yang positif juga akan terjadi. Bila kamu selalu berpikir positif, maka orang lain di sekitarmu juga pasti akan menyukaimu.

Perbanyak Bersyukur Kurangi Mengeluh

Mungkin terdengar sepele, tapi ini juga penting untuk menampilkan good attitude. Kurang-kurangilah mengeluh dalam kehidupan sehari-hari.

Sesekali boleh, tapi jika terlalu sering maka kamu akan dipandang sebagai orang yang tidak tau bersyukur dan hanya bisa mengeluh.

Pandai Memperlakukan Orang Lain

Ini mirip seperti berteman dengan semua orang tanpa memandang materi. Entah siapapun orang yang kamu temui, perlakukan lah mereka dengan baik, entah itu adalah partner bisnis, pelayan restoran, atau pedagang kaki lima di jalanan.

Bagaimana kamu memperlakukan orang lain mencerminkan seberapa bagus attitude yang kamu miliki.

Hal-Hal yang Memengaruhi Attitude Seseorang

Dikutip dari Pendidikanpedia, berikut ini merupakan beberapa faktor atau hal yang dapat memengaruhi seberapa bagus attitude seseorang:

  1. Pendidikan
  2. Keluarga
  3. Teman
  4. Lingkungan sekitar
  5. Buku bacaan
  6. Tontonan sehari-hari
  7. Dan masyarakat

Nah itulah pembahasan kali ini tentang kesadaran akan pentingnya attitude di dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya memiliki attitude yang baik tidak akan membuatmu rugi sedikit pun, yang ada kamu akan dihampiri berbagai macam kebaikan yang ada.

Oleh karena itu, mari mulai melatih diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan attitude yang baik juga.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com