bar-merah

Myanmar Bakar Narkoba Sitaan Senilai $446 Juta


Pihak berwenang di Myanmar membakar obat-obatan terlarang senilai lebih dari $446 juta untuk memperingati hari antinarkoba internasional pada hari Senin (26/6), kata polisi.

Pembakaran narkoba itu terjadi ketika para pakar PBB memperingatkan tentang peningkatan produksi opium, heroin, dan metamfetamin di Myanmar, serta kemungkinan ekspornya yang meluas ke pasar-pasar di Asia Selatan dan AsiaTenggara.

Myanmar memiliki sejarah panjang produksi narkoba terkait dengan kericuhan politik dan ekonomi yang disebabkan oleh konflik bersenjata selama beberapa dekade. Myanmar adalah penghasil dan pengekspor utama metamfetamin dan produsen opium dan heroin terbesar kedua di dunia setelah Afghanistan, meskipun ada upaya berulang kali untuk mempromosikan tanaman legal alternatif di kalangan petani miskin.

Di kota terbesar Myanmar, Yangon, setumpuk obat-obatan terlarang dan bahan kimia prekursor senilai $207 juta dibakar. Narkoba yang dimusnahkan termasuk opium, heroin, metamfetamin, ganja, kratom, ketamine dan crystal meth, yang juga dikenal sebagai ice.

Pembakaran itu bertepatan dengan Hari Internasional PBB Menentang Penyalahgunaan dan Perdagangan Gelap Narkoba.

Tahun lalu, pihak berwenang membakar narkoba sitaan senilai lebih dari $642 juta.

Para ahli telah memperingatkan bahwa kerusuhan politik di Myanmar setelah militer mengambil alih kekuasaan dua tahun lalu – yang sekarang mirip dengan perang saudara antara pemerintah militer dan para aktivis prodemokrasi – telah menyebabkan peningkatan produksi narkoba. [ab/uh]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com