Foto: Kesultanan Bacan

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



ZONAUTARA.com – Kesultanan Bacan merupakan salah satu dari empat kesultanan (Kie Raha) yang ada di Maluku Utara. Keraton Sultan Bacan ini terletak di Kelurahan Labuha, Kecamatan Pulau Baan, Kabupaten Halmahera Selatan, sedikit ke arah timur dari Masjid Kesultanan Bacan,

Menurut catatan sejarah, Kesultanan Bacan berdiri sejak tahun 1322. Awalnya kerajaan ini berada di pulau Kasiruta yang kemudian berpindah ke Pulau Bacan. Kesultanan Bacan memiliki peranan penting sebagai pemasok bahan-bahan pangan untuk seluruh wilayah Maluku Utara.

Kini, bangunan dari Kesultanan Bacan hanya tinggal Keraton Sultan Bacan sebagai bangunan terakhir yang ditinggali. Bangunan keraton yang lama telah habis terbakar ketika pemerintah kolonial Belanda berhasil menguasai Pulau Bacan.

Bangunan keraton yang sekarang ini sekilas menyerupai rumah tinggal biasa. Akan tetapi, bila diperhatikan lebih seksama lagi, gaya arsitekturnya masih menunjukkan ciri-ciri arsitektuk gaya kolonial kuno pada bagian atap dan jendela.

Foto : Ronny Adolof Buol

bacan

bacan

bacan

bacan

bacan

Bacan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com