Gandeng banyak pihak KPS Firdaus Kema sukses gelar KEMAFEST-2.0

Neno Karlina Paputungan
Penulis Neno Karlina Paputungan
Lomba mewarnai bertema lingkungan di Kemafest 2.0 (Foto Neno Paputungan)



ZONAUTARA.COM – Kelompok Peduli Sungai (KPS) Firdaus Kema sukses menggelar KEMAFEST-2.0, yang berlangsung pada Jumat (29/9/2023) dan Sabtu (30/9/2023).

KEMAFEST-2.0 terselenggara atas kerjasama KPS Firdaus dengan UPT Balai Wilayah Sungai Sulawesi I , Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, dan mendapat dukungan dari PT Tirta Ivestama Airmadidi (Aqua), BPDASHL Tondano, PT Minahasa Cahaya Lestari, AMIAN Orienteering, FONI Sulut, Ponter Club Orienteering, SPPKL Kema BAKAMLA, King David Community, DS project, Perkumpulan Konservasi Talun Kentur, Bank Sampah Harmoni Kema, serta Zonautara.com.

Panitia Pelaksana, Denny Taroreh mengatakan jika KEMAFEST-2.0 bertujuan mendorong kesadaran masyarakat menjaga dan melestarikan sumberdaya air (sungai dan pantai) untuk mendukung upaya Desa Kema Dua menjadi desa wisata berbasis pelestarian lingkungan, budaya dan sejarah.

“Penting untuk secara terus menerus mengupayakan hal ini dengan keterlibatan berbagai unsur,” kata Denny.

Senada dengan itu Ahli Madya Teknik Pengairan UPT Balai Sungai Sulawesi I, Franky Makasaehe, mengatakan jika KEMAFEST sangat baik sebagai sebuah upaya penyadartahuan mengingat bahwa, dari data BNPB terungkap bahwa sejak tahun 1801 hingga 2023, bencana alam yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah banjir.

Berbagai kegiatan digelar semala dua hari, seperti lomba mewarnai gambar dengan tema lingkungan untuk TK dan SD, berbagai talkshow, workshop jurnalisme kampung, dan beragam lomba. Kegiatan KEMAFEST ditutup dengan penyerahan hadiah serta musikalisasi puisi.

KEMAFEST-2.0 digagas sebagai upaya mendorong kearifan orang Kema untuk menjaga sungai dan pesisir dengan harapan dapat mengembangkan potensi wisata lokal dan mendongrak roda ekonomi masyarakat Kema.

Selain itu KEMAFEST-2.0 digagas sebagai upaya mendorong kearifan orang Kema untuk menjaga sungai dan pesisir dengan harapan dapat mengembangkan potensi wisata lokal dan mendongrak roda ekonomi masyarakat Kema.

“Yang terpenting adalah menyasar milenial dan generasi z untuk mengembangkan potensi orang muda Kema agar mau dan lebih memperhatikan sumberdaya alam dan lingkungan di sekitar mereka,” ujar Ketua KPS Firdaus Kema, Jesita Cornelisz.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com