bar-merah

Pre event Local Media Summit 2023 bahas pentingnya USAGM Workshop Digital Security untuk Newsroom

workshop
CEO Suara.com Suwarjono, saat menjadi narsum Pre Event Local Media Summit 2023. [Suara.com]

ZONAUTARA.COM –  Local Media Summit (LMS) kembali dihelat tahun ini. Jelang LMS 2023 yang akan berlangsung 11-12 Oktober 2023 digelar pre-event diskusi dengan tajuk ‘USAGM Workshop: Digital Security for Newsroom’ yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Selasa (10/10/2023).

Workshop ini sangat penting untuk mengupas perihal makin masifnya serangan digital terhadap media dan jurnalis. Menurut CEO Suara.com, Suwarjono, workshop ini sangat penting dengan masifnya serangan digital kepada media.

“Workshop ini jadi bagian penting dari rangkaian Local Media Summit 2023 karena banyaknya serangan digital kepada media. Workshop ini mengulas begitu pentingnya pencegahan terhadap serangan digital,” ucap Suwarjono.

Adi Marsiela, Koordinator Bidang Internet Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam paparannya mengungkap fakta banyaknya serangan digital terhadap jurnalis dan media.

Per Januari hingga Juli 2023, tercatat setidaknya ada 10 serangan digital terhadap jurnalis dan media, termasuk yang dialami oleh akun Twitter Suara.com terkena suspended pada 5 Juli 2023.

Menurut Adi, dari pengalaman soal serangan digital terhadap jurnalis dan media, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengamanan front end-Cms, diantaranya menghindari plug-in bajakan, melakukan update plug-un dan mengganti url log-in.Sementara untuk pengamanan back-end, beberapa hal yang wajib dilakukan diantaranya, menghindari share posting, melakukan eksplore C-Panel, membuat cadangan data minimal satu kali per bulan terakhir jika memungkinkan untuk akses virtual private server.

Sejumlah serangan digital terhadap produk jurnalisme belakangan makin marak terjadi. Seperti serangan Distributed denial of service (DDoS) yang pernah dialami Project Multatuli saat mengangkat artikel berjudul “Tiga Anak Saya Diperkosa”.

Langkah mitigasi menjadi wajib dilakukan saat serangan DDoS mengancam produk jurnalsime. Langkah mitigasi yang paling realistis diantaranya mengaktifkan Content Delivery Network, memilih pelayanan yang dapat menyembunyikan IP Address asli web hosting.Selain itu, langkah mitigasi yang bisa dilakukan ialah memasang fasilitas captcha, memasang 2FA portal dan layanan CDN. Serta terakhir memilih penyedia hosting yang responsif dan terjangkau.

Dengan kondisi seperti saat ini, dapat dipahami bahwa keamanan digital sangat penting dilakukan. Pada dasarnya prinsip dasar pada kemanan digital ialah bahwa tidak ada jaminan 100 persen aktivitas kita di dunia maya aman, harus juga dipahami bahwa saat ini aman namun belum tidak selamanya.

Terpenting juga ialah bahwa perilaku digital sangat menentukan resiko dan keamaan kita saat berakivitas di sosial media. Juga harus dipahami bahwa semakin nyaman akan semakin beresiko. Selain itu, keamanan digital itu berlaku personal dan kontekstual.

Hal yang tak kalah penting Digital Security ialah terkait pasword. Sejumlah faktor harus diperhatikan untuk membuat password yang kuat, diantaranya mengecek seberapa kuat pasword yang dibuat via laman passwordmonster.com, selain itu juga harus diperhatikan bahwa pasword yang kuat minimal 15 karakter atau gunakan frasa memakai simbol, angak serta spasi.

Juga harus dipahami untuk satu akun itu, juga harus satu pasword. Selain itu yang juga harus diperhatikan untuk mengelola identitas digital.

Untuk mengelola identitas digital, hindari unggah soal kehidupan pribadi, harus memiliki email berbeda untuk urusan kerja dan pribadi, juga bisa dilakukan saat melakukan akvitas daring dengan melapisnya via VPN untuk kita tetap tidak beridentitas.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com