Pejabat Militer China Kecam Negara-negara yang ‘Ciptakan Kekacauan’

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU

Seorang pejabat tinggi militer China, pada Senin (30/10), mengecam negara-negara yang dinilai “sengaja menciptakan kekacauan.” Ketua Komisi Militer Pusat China Zhang Youxia mengatakan itu ketika membuka konferensi pertahanan di Beijing, dengan melancarkan serangan terselubung terhadap Amerika Serikat.

Konferensi yang disebut Forum Xiangshan tersebut merupakan pertemuan pejabat-pejabat militer dan diplomatik. Konferensi itu dianggap sebagai jawaban Beijing atas Dialog tahunan Shangri-La di Singapura.

Salah satu peserta yang hadir dalam forum itu adalah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang berpidato dalas setelah Zhang.

China menggelar forum itu tanpa menteri pertahanan, setelah mendadak mengumumkan pemecatan terhadap Li Shangfu pekan lalu tanpa penjelasan.

Dalam pidato pembukaannya, Zhang tidak menyebut negara-negara yang “menciptakan kekacauan.” Tetapi China sejauh ini terus melontarkan kritik keras terhadap sikap Amerika Serikat dalam invasi Rusia ke Ukraina dan konflik Israel-Hamas.

“Beberapa negara, karena takut dunia akan stabil, dengan sengaja menciptakan kekacauan, ikut campur dalam isu-isu regional, mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan memicu revolusi warna (aksi protes yang diwarnai kekerasan),” ujarnya. [ka/rs]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com