Pakta Keuangan Spanyol dengan Katalan Mengecewakan

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU

Perdana Menteri Spanyol dari kelompok sosialis, Pedro Sanchez, yang sudah dikecam karena menjanjikan pengampunan bagi separatis Katalan, juga bentrok dengan partai-partai oposisi terkait bagaimana mereka berbagi pengeluaran dan pendapatan dengan daerah-daerah di negara itu.

Rencana Sanchez untuk memberikan pengampunan kepada separatis Katalan yang terlibat dalam upaya pemisahan diri yang gagal pada 2017 telah berujung pada aksi protes secara nasional.

Tetapi, dia juga telah membuat kesepakatan dengan Katalan untuk memenangkan dukungan mereka dan memastikan kekuatan mayoritas bagi pemerintahannya di parlemen.

Tunduk pada tuntutan Republik Kiri Katalonia, Sanchez setuju untuk menghapus utang Katalonia sebesar 15 miliar Euro atau US$16 juta kepada pemerintah nasional, yang berasal dari krisis keuangan pada 2008.

Meskipun kelompok sosialis menjanjikan untuk memperluas kesepakatan ini ke wilayah-wilayah lain yang meminjam dana melalui skema yang sama, konsesi tersebut telah mengganggu sejumlah pemerintah daerah, termasuk yang dijalankan oleh kelompok kiri.

Kesepakatan yang diraih pada Kamis dengan Junts per Catalunya (Bersama untuk Katalonia), partai independen terbesar kedua, juga mendesak untuk kembalinya perusahaan-perusahaan Katalonia yang telah memindahkan kantor pusat mereka, setelah krisis pemisahan diri pada 2017, seperti Caixabank dan Naturgy. [ns/lt]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com