Cek Fakta: Tidak benar dalam video ini pesawat sebarkan nyamuk bionik

Tim Cek Fakta
Penulis Tim Cek Fakta



ZONAUTARA.cxom – Baru-baru ini beredar video yang menggambarkan sebuah pesawat yang dinarasikan sedang menyebar nyamuk bionik. Direpublikasi dari situs Cekfakta.com, berikut penelusuran kebenarannya yang dilakukan oleh Liputan6.com


Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pesawat menyebarkan nyamuk bionik, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 November 2023. Klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat menampilkan tiga buah pesawat yang sedang terbang di langit, kemudian mengeluarkan benda gelap berbentu garis hitam tebal.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut. “Penyebaran nyamuk.bionic di Alabama,USA..ngeri.😭😭”

Benarkah klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

TIm Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul “Non, ces vidĂ©os ne montrent pas des moustiques gĂ©nĂ©tiquement modifiĂ©s lĂąchĂ©s aux États-Unis” yang dimuat situs observers.france24.com, pada 14 September 2023.

Situs observers.france24.com mengulas video yang identik dengan klaim.

Situs observers.france24.com menyebutkan, video pesawat yang terbang di atas Cincinnati adalah parade sederhana yang diselenggarakan pada tanggal 3 September oleh klub penerbang pesawat militer setempat yang melakukan jalan layang untuk acara tahunan Riverfest.

Seorang anggota Cincinnati Warbirds menjelaskan bahwa asap yang terlihat pada pesawat aerobatik ini disebabkan oleh sejumlah kecil minyak mineral berbasis parafin di aliran pembuangan, dimana panas mengubahnya menjadi asap.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penyebaran nyamuk bionik dengan pesawat tidak benar.

Video tersebut adalah aksi pesawat aerobatik yang mengeluarkan asap disebabkan oleh sejumlah kecil minyak mineral berbasis parafin di aliran pembuangan, dimana panas mengubahnya menjadi asap.

https://observers.france24.com/fr/afrique/20230914-non-ces-vid%C3%A9os-ne-montrent-pas-des-moustiques-g%C3%A9n%C3%A9tiquement-modifi%C3%A9s-l%C3%A2ch%C3%A9s-aux-%C3%A9tats-unis



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com