117 personel disiagakan Basarnas Manado hadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Marshal Datundugon
Penulis Marshal Datundugon
Pemeriksaan perlengkapan personel Basarnas Manado menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: Humas Basarnas Manado)

ZONAUTARA.com – Menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Manado menyiagakan 117 personel yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini dilakukan oleh Basarnas Manado untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Sulut selama liburan.

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Basarnas Manado menggelar Apel Siaga Khusus Natal dan Tahun Baru, Senin (18/12) di Kantor Basarnas Manado, ruas jalan Manado-Bitung.

Kepala Kantor Basarnas Manado, Monce Brury, menjelaskan bahwa jika siaga libur Natal dan Tahun Baru ini akan digelar sejak Senin (18/12) hingga tanggal 7 Januari 2024. Basarnas Manado juga menyiagakan call center 24 jam di nomor 082187123778 dan 115.

“Personel disiagakan di beberapa titik seperti di Kantor Utama, Pos Tahuna, Pos Amurang, Pos Kotamubagu, Pos Bitung dan Pos Likupang. Selain itu, KN Bima Sena juga siap dioperasikan,” jelas Monce.

Menurut Monce, untuk setiap pos siaga dilengkapi peralatan pendukung untuk mengantisipasi jika ada operasi SAR atau kejadian tiba-tiba yang membahayakan jiwa manusia.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan semua lembaga baik Pemerintah, BUMN dan organisasi-organisasi lainnya untuk menindaklanjuti apabila ada kejadian musibah, bencana atau kejadian yang membahayakan jiwa manusia.

Hal ini menurut Monce sangat penting, agar kejadian bisa dengan cepat tertangani dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kepala Badan SAR Pusat sudah menginstruksikan kepada jajarannya yang ada di UPT daerah agar cepat dan tanggap jika ada laporan sekecil apa pun. Untuk itu, Basarnas Manado juga telah nyatakan siap untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2024,” tegas Monce.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Jurnalis yang berdomisili di Bolaang Mongondow dengan fokus liputan pada aktivitas pemerintahan, sosial dan lingkungan.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com