Perdana Menteri Jepang serukan evakuasi usai Jepang dilanda gempa 7,6

Reporter ZonaUtara
Penulis Reporter ZonaUtara



ZONAUTARA.com – Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, telah meminta penduduk setempat untuk segera mengungsi, seperti yang dilaporkan Reuters.

Sementara itu, seorang juru bicara pemerintah memperingatkan warga untuk bersiap-siap menghadapi kemungkinan gempa susulan.

Seruan evakuasi tersebut menyusul peringatan tsunami usai Jepang dilanda gempa berkuatan 7,6 skala Richter, 1 Desember 2024.

Penduduk di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa diminta untuk “segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK.

NHK mengatakan gelombang setinggi 5 meter telah mencapai Noto.

Pihak berwenang juga telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur Niigata dan Toyama yang berdekatan, memperingatkan bahwa gelombang di sana dapat mencapai 3 meter.

Televisi publik menayangkan tulisan “EVAKUASI” dengan huruf besar, mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca sedang musim dingin.

Orang-orang juga mengunggah video-video gempa dari rumah mereka dan dari dalam stasiun kereta bawah tanah.

Operator tenaga nuklir terbesar di negara ini, Kansai Electric, mengatakan bahwa “tidak ada kelainan” pada pembangkit listrik tenaga nuklir di daerah yang terkena dampak.

Badan meteorologi Korea Selatan telah memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 0,3 meter dapat menghantam pantai timur negara itu antara pukul 18:29 hingga 19:17 waktu setempat (09:29 hingga 10:17 GMT).

Berita ini sedang diperbarui dan informasi lebih lanjut akan segera dipublikasikan. Silakan refresh halaman ini untuk versi lengkapnya. (Berbagai sumber)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com