bar-merah

Peringatan tsunami usai Jepang diguncang gempa 7,6

tsunami gempa bumi
Ilustrasi alat pencatat gempa (iStock.com)

ZONAUTARA.com – Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami besar setelah gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter menghantam wilayah tengah.

Penduduk di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa diminta untuk “segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK.

NHK mengatakan gelombang setinggi 5 meter telah mencapai Noto.

Pihak berwenang juga telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur Niigata dan Toyama yang berdekatan, memperingatkan bahwa gelombang di sana dapat mencapai 3 meter.

Televisi publik menayangkan tulisan “EVAKUASI” dengan huruf besar, mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca sedang musim dingin.

Orang-orang juga mengunggah video-video gempa dari rumah mereka dan dari dalam stasiun kereta bawah tanah.

Operator tenaga nuklir terbesar di negara ini, Kansai Electric, mengatakan bahwa “tidak ada kelainan” pada pembangkit listrik tenaga nuklir di daerah yang terkena dampak.

Badan meteorologi Korea Selatan telah memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 0,3 meter dapat menghantam pantai timur negara itu antara pukul 18:29 hingga 19:17 waktu setempat (09:29 hingga 10:17 GMT).

Berita ini sedang diperbarui dan informasi lebih lanjut akan segera dipublikasikan. Silakan refresh halaman ini untuk versi lengkapnya. (bbc.com)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
SOURCES:BBC
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com