bar-merah

Pemkot Kotamobagu dan PT. Dewa Aksara: kolaborasi tingkatkan SDM PMI

PMI
Pj Wali Kota Asripan Nani menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Pemkot dan PT Dewa Aksara Nusantara di Jakarta, Jumat (12/1/2024), (Foto: Kominfo Kota Kotamobagu).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu telah menjalin kerjasama dengan PT. Dewa Aksara Nusantara untuk menyelenggarakan pelatihan bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kotamobagu.

Kolaborasi ini merupakan inisiatif Pemkot untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) PMI yang berasal dari daerah tersebut.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkot Kotamobagu dan PT. Dewa Aksara Nusantara berlangsung di Jakarta pada hari Kamis, tanggal 11 Januari 2024.

Pj Wali Kota, Asripan Nani, memberikan dukungan penuh terhadap kerjasama ini setelah menghadiri acara tersebut.

Johan Sofian Boulu, selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu, menjelaskan bahwa pada tahun ini, rencananya akan dilakukan pelatihan bahasa asing untuk 100 calon PMI.

Pemkot Kotamobagu akan membiayai sepuluh besar yang mencapai peringkat tertinggi, sedangkan sisanya akan difasilitasi oleh PT. Dewa Aksara Nusantara melalui dana talangan.

“Warga Kotamobagu yang berminat diharapkan mendaftarkan diri melalui proses rekrutmen di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu,” ujar Boulu.

Boulu menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Government to Government (G to G) antara Indonesia dan Jepang. Calon PMI yang memenuhi syarat dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk bekerja di Jepang.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan bahwa pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan calon PMI, sehingga mereka dapat sukses dalam penempatan kerja di Jepang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com