bar-merah

Pemkot Kotamobagu gelar rakor untuk pengembangan portal Satu Data Indonesia

Satu data
Ilustrasi Satu Data Indonesia, (Foto: Pixabay.com).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Portal Satu Data Indonesia (SDI) tingkat Kota Kotamobagu pada Kamis, 25 Januari 2024.

Inisiatif Rakor ini berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu dan diselenggarakan di ruang rapat kantor instansi setempat.

Chelsia Paputungan, Kepala Bappelitbangda Kotamobagu, menjelaskan bahwa tujuan dari Rakor tersebut adalah untuk membahas data-data prioritas yang akan dimasukkan ke dalam portal SDI.

Rakor dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kotamobagu dan Badan Pusat Statistik (BPS), serta menjadi wadah untuk membahas data prioritas dari masing-masing OPD yang akan dipertanggungjawabkan dalam forum SDI.

Helfrits Jendri Lahimade, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbangda Kotamobagu, menambahkan bahwa data prioritas yang mencakup sejumlah indikator akan mengalami proses penyaringan sebelum dimasukkan ke dalam SDI.

“Diketahui bahwa terdapat 2.072 indikator yang akan difilter kembali, kemudian melalui tahap finalisasi data prioritas dan pembuatan Surat Keputusan (SK), data tersebut akan diunggah ke portal satu data Kota Kotamobagu,” ucap Lahimade.

Portal SDI merupakan bagian dari kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagikan antar instansi pusat dan daerah.

Dengan ini, Pemkot Kotamobagu berupaya meningkatkan transparansi dan aksesibilitas data serta memastikan akuntabilitas dalam pengelolaan informasi publik.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com