bar-merah

Usung konsep konservasi saat Pelantikan KPPS, KPU Sitaro diapresiasi Pemkab

sitaro
Pj Bupati Sitaro Joi.E. B. Oroh secara simbolis ikut menanam pohon buah pala di area tugu pala, Kantor Bupati Sitaro. (Foto: Zonautara.com/Jufri Kasumbala)

ZONAUTARA.com – Ditandai dengan penanaman pohon, pelantikan 1.743 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk Pemilu 2024, mendapat apresiasi Pemerintah Daerah Kab. Kepl. Sitaro.

Pelantikan KPPS tahun ini terbilang unik, berbeda dari pelantikan serupa sebelumnya. Sesuai instruksi KPU RI, pelantikan KPPS dilaksanakan dengan masing-masing anggota menanam satu jenis pohon.

Untuk jenisnya bebas dipilih, Sitaro sendiri umumnya menanam pohon buah pala, yang merupakan ikon Pulau Siau sebagai salah satu daerah penghasil buah pala terbaik di negara ini.

Secara simbolis, KPU sitaro melaksanakannya di Tugu Pala, Kantor Bupati Sitaro, Kamis (25/1/2024).

Tidak hanya anggota KPPS, upaya konservasi lingkungan ini diikuti, Penjabat (Pj) Bupati Sitaro Joi E.B. Oroh, bersama Sekda Denny D Kondoj, para Asisten, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah bersama Ketua dan anggota Komisioner KPU.

Pj Bupati Sitaro Joi E.B. Oroh mengapresiasi kegiatan yang dipandang Pemerintah sebagai sebuah upaya positif. Dimana, pohon memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk hidup di dunia. Bukan hanya sebagai sumber makanan tapi fungsi lainnya melindungi dari berbagai ancaman bencana.

Bagi Pemerintah sendiri, kata Oroh, dengan aksi menanam satu pohon berarti serentak di tanam 1.743 pohon, meskipun mungkin ada yang tidak menanam, diharapkan bisa mulai ditanam di halaman rumah.

“Bayangkan saja kita menanam ribuan pohon serentak, manfaatnya pasti akan terasa, mungkin saat ini belum tetapi nanti, itu akan menjadi investasi bernilai nyawa,” ucap Oroh.

Pj Bupati Sitaro Joi.E. B. Oroh secara simbolis ikut menanam pohon buah pala di area tugu pala, Kantor Bupati Sitaro. (Foto: Zonautara.com/Jufri Kasumbala)

Aksi tanam pohon

KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, pada Kamis (25/1/2024) dilakukan pelantikan KPPS serentak di Indonesia sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik. Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.

“Kalau Sitaro kita melantik 1.743 dengan semua daerah di pusatkan di kampung masing-masing,” kata Karro.

KPU, ungkap Kaaro, menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Kaaro menyebutkan, total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas. Kebutuhan tersebut dapat diganti dengan menanam 5.709.898 bibit pohon. Maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kilogram kertas.

“Karena itu, jika salah satu dari anggota KPPS tidak menanam maka target itu tidak tercapai,” jelasnya, sambil berharap semua pihak ikut mensukseskan Pemilu 2024.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com