bar-merah

CEK FAKTA: Anies sebut 1,6 juta guru belum tersertifikasi

anies
Sesi Debat Capres ke-5 Pemilu 2024. (CekFakta.com)

ZONAUTARA.com – Pada Debat seri kelima Calon Presiden (Capres) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Calon Presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, menyebutkan ada 1,6 juta guru di Indonesia belum tersertifikasi.

“Ada puluhan ribu guru honorer belum diangkat jadi guru PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) ada 1,6 juta guru belum tersertifikasi,” kata Anies Baswedan.

Benarkah klaim Capres nomor urut 01 Anies Baswedan tersebut?. Tim Cek Fakta Kompas.com melakukan penelusuran fakta.

PEMERIKSAAN FAKTA

Dilansir pada Kompas.id, pada 2 Agustus 2023, guru di Indonesia wajib memiliki sertifikasi pendidik sesuai dengan ketentuan Undang Undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Tenaga Guru dan Dosen.

Sertifikasi tersebut bukan sekedar untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru sebesar atau sekali gaji pokok, tetapi pengakukan dari Pemerintah sebagi guru legal.

Hingga kini, masih ada sekitar 1,6 juta guru yang belum disertifikasi, dan yang terbanyak para guru dengan masa pengangkatan di bawah tahun 2015.

Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sumardiansyah Perdana Kusuma menegaskan, penuntasan sertifikasi terhadap sekitar 1,6 juta guru dalam jabatan adalah keharusan.

Menurut dia, hal itu adalah bentuk tanggung jawab negara dalam menjalankan amanat konstitusi, terutama penuntasan sertifikasi bagi guru yang terhitung menjadi guru di kurun waktu 2005-2015, yaitu sebanyak 944.168.

Dikutip dari Kompas.id, 22 Desember 2023, Ketua Umum Forum Guru Honorer Negeri Seluruh Indonesia Heti Kustrianingsih mengatakan, kini semakin banyak guru lulus passing grade (prioritas 1) yang mendapatkan penempatan PPPK sesuai janji pemerintah.

“Pengumuman masih menunggu, sampai sore ini masih ada yang belum (menerima pengumuman). Kami berharap sesuai janji pengumuman hari ini tuntas. Untuk guru lulus passing grade yang masuk P1 sudah banyak ditempatkan. Masih ada sekitar 12.000 guru lagi yang katanya tetap diprioritaskan untuk tahun 2024,” kata Heti.

KESIMPULAN

Pernyataan Capres nomor urut 01 Anies Baswedan pada Debat Kelima Capres Benar.

RUJUKAN

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/04/212046582/cek-fakta-anies-sebut-16-juta-guru-belum-tersertifikasi?utm_source=Whatsapp&utm_medium=WAchannel&utm_campaign=CekFakta



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com