Menghitung massa yang ikut Kampanye Prabowo Subianto di Lapangan KONI Manado

Jufri Fransicho Kasumbala
Penulis Jufri Fransicho Kasumbala
Tangkapan layar tool MapChecking.

ZONAUTARA.com – Kampanye Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di Lapangan KONI Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (5/2/2024) menuai berbagai respon. Salah satunya tentang perdebatan berapa jumlah massa yang hadir.

Zonautara.com membantu menghitung estimasi atau perkiraan jumlah massa yang hadir dengan menggunakan tool MapChecking. Tool ini bisa diakses secara terbuka dan gratis.

Untuk menghitung estimasi jumlah massa, pertama-tama memperhatikan foto dan video yang beredar di media massa, yang dapat menggambarkan kepadatan peserta kampanye. Terdapat banyak sekali foto dan video yang diunggah warga, termasuk foto udara atau foto yang diambil dengan menggunakan drone.

Tanggapan layar dari akun Instagram @iamchrystyan

Salah satunya foto yang diambil dengan drone menjelang malam hari, yang diunggah akun Instagram @iamchrystyan. Dari foto tersebut terlihat massa yang memenuhi area Lapangan KONI Manado, yang hanya menyisahkan sedikit ruang di bagian belakang. Nampak pula massa bercampur kendaraan memenuhi ruas jalan raya di sekitar Koni Manado.

Pada tools MapChecking, dibuat titik-titik yang mencover area lapangan KONI Manado serta beberapa ruas jalan. Titik-titik ini untuk menandai area yang ditempati massa berdasarkan pengamatan dari beberapa foto yang dilihat.

Salah satu kegunaan dari MapChecking adalah bisa memperkirakan berapa banyak orang menempati suatu area pada arsiran di peta yang dipilih. Pengguna juga dapat menentukan patokan kepadatan orang per meter persegi.

Tangkapan layar tool MapChecking untuk area Koni Manado dengan kepadatan 1 orang per meter persegi.

Dari arsiran area di sekitar Koni Manado yang sudah dilakukan, diperoleh estimasi massa. Jika kepadatan dalam 1 meter2 berdiri satu orang, maka didapati jumlah kemungkinan massa Capres nomor urut 02 yang hadir saat kampanye itu sekira 26.666 orang.

Namun jika dihitung pada tiap 1 meter2 berdiri dua orang, ditemukan perkiraan jumlah masa yang hadir sekira 53.333 warga. Jika ditiap 1 meter2 dihitung berdiri tiga orang maka diperkirakan masa yang hadir sebanyak 79.999 orang.

Tangkapan layar tool MapChecking untuk area Koni Manado dengan kepadatan 1 orang per meter persegi.

Sementara dengan ukuran orang berdesakan ditempatkan tiap 1 meter2 itu berdiri sebanyak empat orang, maka jumlah perkiraan massa yang hadir sebanyak 106.666 orang. Sedangkan jika di hitung tiap 1 meter2 berdiri lima orang penuh sesak di perkirakan jumlah masa yang hadir sekira 133.332 orang.

Untuk menggambarkan seberapa berisiko area satu meter persegi disesaki orang, dapat merujuk pada tool Crowd Safety and Crowd Risk Analysis yang dikembangkan oleh Prof. Dr. G. Keith Still.

Ilustrasi di atas menggambarkan kondisi pada area seluas 625 meter persegi, yang setiap meternya disesaki sebanyak 5 orang. Anda dapat membayangkan bagaimana situasinya.

Jadi dengan tool MapChecking, jumlah massa yang menghadiri Kampanye Prabowo Subianto di Lapangan Koni Manado pada Senin 5Februari 2024, secara ekstrim dapat mencapai sebanyak 133.332 orang.

Harap diingat angka ini hanyalah angka estimasi saja, yang dihitung berdasarkan perhitungan menggunakan tool digital. Hitungan perkiraan ini tidak termasuk massa yang hadir di Lapangan Langowan, Minahasa.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com