bar-merah

Menggali potensi bioekonomi, inovasi basis alam perlu terus dikembangkan

Bioekonomi
Para kepala daerah (bupati) se-Indonesia mendeklarasikan komitmen pembangunan berkelanjutan dalam acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerja sama dengan Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) di Hotel Borobudur, Jakarta, pada 4 Oktober 2023.

JAKARTA,ZONAUTARA.com -Bioekonomi, sebuah metode pemanfaatan sumber daya alam hayati untuk menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi seperti obat-obatan, pangan, pakan, material, dan energi, dapat menjadi solusi untuk pengurangan eksploitasi sumber daya alam berbasis fosil untuk atasi krisis iklim.

Pemerintah, melalui Bappenas, telah menjadikan bioekonomi sebagai salah satu topik utama di dalam RPJMN 2025-2045 sebagai bagian dari peta jalan transformasi ekonomi dan pemilu 2024 merupakan momentum untuk terus mengembangkan bioekonomi.

Bioekonomi perlu terus dikembangkan karena menurut laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) 2019, inovasi berbasis alam berkontribusi hingga 37% pada pengurangan emisi yang dibutuhkan untuk membatasi pemanasan global menjadi 1,5 derajat Celcius.

Selain itu, Laporan World Resources Institute (WRI) 2019 memperkirakan bahwa penyaluran investasi inovasi berbasis alam dan bioekonomi sebesar US$ 1,8 triliun mulai tahun 2020 hingga 2030 berpotensi untuk menghasilkan manfaat bersih sebesar US$ 7,1 triliun.

Keuntungan dari pelaksanaan bioekonomi selain dapat menjaga lingkungan juga berpotensi mendapatkan keuntungan finansial.

Laporan The Bioeconomy of 2030 keluaran OECD menambahkan nilai pasar bioekonomi global akan mencapai kisaran US$ 2,6 – US 5,8 triliun dalam rentang tahun 2025-2030.

Indra Darmawan, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi/BKPM, mengungkapkan komitmen Kementerian Investasi untuk mendukung rangkaian pengembangan portofolio investasi berkelanjutan untuk daerah-daerah yang mempromosikan komoditas berbasis bioekonomi, di mana agenda investasi di sektor tersebut diperkirakan akan menyerap sekitar 45,4 miliar USD.

“Saat ini, sejumlah portofolio investasi lestari prioritas sedang diakselerasi. Salah satunya, adalah Proyek Prioritas Industri Hijau Pengelolaan Kelapa Terintegrasi di Kabupaten Gorontalo yang sudah dalam status ready to offer dengan nilai investasi sebesar Rp 643 miliar,” ujar Darmawan.

Pemerintah saat ini sudah mendetailkan rencana pengembangan berbasis bioekonomi, yang mencakup industri baru yang bersumber pada inovasi berbasis alam untuk produk-produk biosimilar dan vaksin, protein nabati, pangan biokimia, herbal dan nutrisi.

Selain itu, Indonesia tengah mendorong Penguatan Kerangka Regulasi atas Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik berorientasi Bioprospeksi dan Bioekonomi.

Penguatan hilirisasi dan pengembangan produk berbasis alam yang melibatkan pelaku usaha, penguatan riset dan inovasi nasional, penguatan kapasitas masyarakat dalam mengelola sumber daya genetik dan penegakan hukum terhadap upaya biopiracy, dan sinergi lintas sektor dari para pemangku kepentingan.

Dari sisi investasi, Kementerian Investasi/BKPM telah meluncurkan Panduan Investasi Lestari pada G20 lalu sebagai titik awal negara mendorong tumbuhnya bisnis lestari termasuk untuk UMKM, usaha besar, investasi dan pemerintah.

Tahun ini, Indonesia memiliki momentum besar yaitu pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang dilakukan serentak.

Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) terus mengawal berbagai persiapan untuk senantiasa mendukung visi ekonomi lestari, melalui hilirisasi komoditas bernilai tambah dari potensi keanekaragaman hayati, sebagai bentuk dari pengembangan sektor bioekonomi, untuk dapat menjaga lingkungan serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

Pergantian kepemimpinan di tahun 2024 dapat menjadi momentum untuk akselerasi ekonomi restoratif di tingkat nasional maupun daerah untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan sekaligus pengurangan emisi karbon.

LTKL sebagai asosiasi pemerintah kabupaten yang sudah melakukan kerjasama multipihak dalam mengembangkan berbagai kegiatan guna menerapkan pembangunan lestari di sembilan kabupaten sejak tahun 2017 berharap pemerintah nasional dan daerah selanjutnya dapat meneruskan perkembangan ekonomi lestari, sebagai tujuan jangka panjang bioekonomi.

Salah satu agenda LTKL-KEM di tahun 2024 adalah meneruskan rangkaian program kolaborasi dengan kabupaten dan mitra pembangunan dalam mengembangkan kesiapan kabupaten dalam mengimplementasikan ‘resep’ transformasi yurisdiksi berkelanjutan melalui bimbingan teknis bagi para kabupaten anggota melalui tindakan kolektif 5 pilar esensial, yaitu (i) perencanaan, (ii) kebijakan & regulasi, (iii) tata kelola multi-pihak, (iv) aksi bersama (inovasi & investasi), dan (v) pemantauan, pelaporan, dan komunikasi.

“Memasuki fase tumbuh di tahun 2024, LTKL akan bergerak lebih gigih untuk menjadi penopang yang kokoh secara kelembagaan, kemitraan, dan kapasitas.

Salah satu fokus utama dari tahap ini adalahmembangun kapasitas setiap kabupaten dan memastikan para inisiator terutama generasi muda, perempuan, masyarakat adat dan komunitas lokal secara aktif berkontribusi untuk mewujudkan transformasi kabupaten lestari.

Idealnya, berbagai forum multi pihak beraksi untuk Indonesia yang subur tanahnya, jernih airnya, bersih udaranya, serta sejahtera rakyatnya,” ungkap Ristika Putri Istanti, Kepala Sekretariat LTKL.

LTKL berencana untuk mengawal komitmen terhadap visi & misi ekonomi lestari dan pendekatan LTKL melalui dokumen perencanaan daerah, kebijakan payung untuk pendekatan pembangunan lestari di tingkat Peraturan Daerah dan kolaborasi program lintas dinas untuk seluruh kabupaten anggota.

Sejumlah strategi yang akan terapkan, di antaranya, adalah memperkuat kelembagaan Dinas dan Kelembagaan Multipihak di kabupaten – baik dari sisi kapasitas lembaga, kewenangan maupun SDM.

Sementara itu, Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) yang merupakan bagian dari ekosistem LTKL berfungsi sebagai katalisator untuk menjembatani kemitraan strategis antar pemangku kepentingan di sektor ekonomi hijau, termasuk pelaku bisnis, investor, pemerintah, dan mitra pembangunan, mengharapkan pemerintah baik nasional maupun daerah untuk sama-sama memiliki agenda dalam mewujudkan usaha dengan wawasan ekonomi restoratif dalam program kerjanya kedepan.

Melalui berbagai program peningkatan kapasitas dan business matching, KEM memberikan ruang bagi pelaku usaha berbasis alam untuk tumbuh melalui pendanaan hijau.

Java Kirana, pelaku usaha komoditas kopi dalam jejaring KEM yang menitikberatkan kesejahteraan petani dan lingkungan, telah berkomitmen untuk berinvestasi dalam membangun sarana pemrosesan pasca panen dan pendampingan di kabupaten Sigi.

“Awalnya, kami hanya mendampingi petani di area perkebunan kopi di kawasan Kabupaten Bogor, agar mereka lebih sejahtera. Sekarang dengan bekerja sama dengan KEM, kami dapat membantu lebih banyak petani di daerah-daerah yang memiliki potensi,” ujar Noverian Aditya, co-founder Java Kirana.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata memberikan sambutan pada Festival Tumpek Wariga 2024 yang digelar di SMESCO Hub Timur, Bali pada 2 Februari 2024.

Pencapaian LTKL dalam mewujudkan ekonomi lestari

LTKL yang mandatnya akan berakhir pada tahun 2030, telah menjalankan sejumlah inisiatif untuk mendorong inovasi berbasis alam dan membuka potensi agar pelaku usaha hijau di tingkat lokal dapat melakukan penetrasi ke pasar global.

Pada tahun 2023 telah melakukan berbagai program, seperti menginisiasikan Masterclass Investasi Lestari, sebuah program pelatihan bertahap berbasis ko-kreasi untuk mendukung pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan di 9 kabupaten anggota dalam mempersiapkan portofolio investasi dan mendapatkan peluang berdasarkan kebutuhan nyata di lapangan.

Terdapat setidaknya 21 komoditas berbasis inovasi alam di dalam ekosistem kabupaten mitra LTKL. Di antaranya, PT Alam Siak Lestari dan PT Semesta Sintang Lestari yang menghadirkan portfolio ‘HEAL Fisheries’, komoditas ekstrak albumin hasil budidaya ikan gabus dan toman di lahan gambut di Kabupaten Siak dan Sintang, sebuah hasil kombinasi teknologi pangan modern dengan praktik tradisional masyarakat yang terkoneksi dengan industri farmasi.

Diperkirakan, nilai pasar global untuk produk ekstrak albumin mencapai US$ 4,25 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan bertumbuh hingga US$ 9,6 miliar pada tahun 2028.

Selain itu, Gampiri Interaksi Lestari di Kabupaten Sigi menjalankan inkubasi pelaku usaha melalui pendampingan dengan petani setempat dalam proses penanaman komoditas berbasis agroforestri dan pertanian regeneratif melalui produksi komoditas kakao, kopi, vanila, dan daun kelor di tingkat desa dan pembangunan fasilitas processing untuk proses fermentasi, pengeringan, ekstraksi minyak atsiri, dan penepungan.

Di barat daya Nusantara, Pusat Unggulan Pertanian Lestari (PUPL) di Kabupaten Aceh Tamiangmelaksanakan pendampingan kepada petani kelapa sawit dalam mengembangkan hilirisasi minyak atsiri dari nilam.

Di saat yang sama, Pemerintah Kabupaten Aceh Taming turut meluncurkan program pengembangan ekonomi lestari dengan penandatanganan kesepakatan Produksi, Proteksi, dan Inklusi (PPI) multipihak yang memuat komitmen untuk meningkatkan perlindungan dan penghijauan kembali kawasan hutan, fungsi pengawasan, kesejahteraan petani, dan perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser seluas 30.000 hektar.

Secara keseluruhan, potensi nilai pasar global dari keseluruhan portfolio tersebut mencapai lebih dari US$ 223 miliar atau setara dengan Rp 330 triliun.

Dari sisi pengembangan bisnis, Sebanyak 67 entitas bisnis di Kabupaten LTKL telah memulai praktek bisnis lestari yang ramah lingkungan dan ramah sosial melalui sejumlah program inkubasi usaha lestari seperti KUBISA, IMPULS, GIAT, SELARAS, dan Samudra Bekudong’k. Melalui pendampingan inkubasi ini, telah lahir entitas bisnis lestari seperti PT Alam Siak Lestari yang telah menghasilkan potensi perlindungan 76.744 hektar lahan gambut di 3 desa di Kabupaten Siak.

Selain itu, terdapat 40 produk inovasi berbasis alam di 9 kabupaten mitra yang telah dikembangkan per akhir tahun 2023. Adapun, produk-produk inovatif berbasis bioekonomi ini mencakup sektor agroforestri, aquaculture, bambu, kopi, coklat, dan kelapa.

Beberapa program kabupaten anggota LTKL telah terbukti memberikan dampak positif pada ekonomi, sosial dan lingkungan.

Melalui pendekatan yurisdiksi berkelanjutan, kabupaten anggota LTKL mampu berkomitmen untuk menjaga lingkungan sekaligus dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik melalui good agriculture practice.

Dukungan KEM dalam mewujudkan ekonomi lestari

KEM mempunyai ambisi untuk membuka potensi investasi sebesar US$ 200 juta untuk lebih dari 100 UMKM lestari, yang terhubung dengan 100 yurisdiksi di Indonesia pada akhir tahun 2026.

KEM juga telah memfasilitasi 71 pemerintah kabupaten di Indonesia yang berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan sebagai bagian dari dokumen perencanaan daerah mereka, yang merupakan hasil dari kemitraan strategis antara KEM dengan APKASI.

Sejak berdiri pada tahun 2022, KEM telah menghubungkan lebih dari 300 pelaku usaha lestari dengan penyandang dana dan pemodal potensial, pemerintah, dan mitra pembangunan lainnya.

Melalui acara-acara seperti Indonesia Business and Investment Forum on Nature-Based Innovation (IBIFNI), KEM dan ekosistemnya telah mampu membuka 22,7 juta dolar AS untuk pembiayaan inovasi berbasis alam.

Menurut Leonard Theosabatra, Direktur Utama SMESCO Indonesia dan Anggota Dewan Penasihat KEM, potensi inovasi bioekonomi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah, dapat dikembangkan secara berkelanjutan dan memberikan nilai tambah positif bagi komunitas lokal.

“Saya percaya bahwa potensi pengolahan keanekaragaman hayati di wilayah Sulawesi Tengah masih sangat banyak yang belum terekspos. Misalnya, terdapat peluang produk makanan dan minuman (F & B) dan kecantikan yang saya yakini dapat berkontribusi pada perekonomian nasional,” sebut Leo.

Pada pertengahan tahun lalu, SMESCO Indonesia telah menandatangani MoU dengan sejumlah mitra pengolahan strategis seperti BUMN Farmasi yakni Indofarma.

Mitra-mitra ini dapat membantu pelaku usaha di Kabupaten Sigi untuk berfokus pada aspek hilirisasi untuk produk olahannya yang kemudian didorong pada pasar domestik dan internasional.

Hal ini sejalan dengan target KemenKopUKM di tahun 2024 untuk penciptaan wirausaha sebanyak 1 juta orang melalui fokus hilirisasi yang memberi nilai tambah bagi produk aquaculture, pertanian, dan kehutanan.

“Inovasi berbasis alam adalah komponen krusial di dalam ekonomi lestari dan memiliki peran penting dalam perjalanan Indonesia menuju pembangunan berkelanjutan pesat yang tidak bergantung pada eksploitasi sumber daya alam dan sekaligus mengurangi emisi karbon.

Inovasi berbasis alam dapat membantu negara ini menggapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan, seperti ketahanan terhadap perubahan iklim dan risiko bencana alam, kemakmuran ekonomi dan sosial, serta ketahanan pangan, air, dan kesehatan,” sebut Gita Syahrani, Ketua Dewan Pengurus KEM.

Untuk menjaga momentum dari rangkaian pencapaian oleh LTKL dan KEM di tahun 2023, kedua organisasi berencana untuk berkolaborasi lebih dalam untuk menciptakan program-program yang menciptakan inovasi berbasis alam yang baru dan solidifikasi di tahun 2024 yang mendukung proyek-proyek bioekonomi di Indonesia.

Tentang Lingkar Temu Kabupaten Lestari

Bermula pada 2017, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) adalah asosiasi kabupaten yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten sebagai bagian dari kaukus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

LTKL bertujuan untuk mewujudkan ekonomi lestari di kabupaten guna mendukung agenda prioritas nasional menuju pembangunan berkelanjutan.

Memasuki Fase Tumbuh, LTKL akan bergerak lebih gigih untuk menjadi penopang yang kokoh secara kelembagaan, kemitraan, dan kapasitas.

Salah satu fokus utama dari fase ini adalah membangun kapasitas kabupaten dan memastikan para penggerak terutama orang muda, perempuan, masyarakat adat dan komunitas lokal secara aktif berkontribusi untuk mewujudkan transformasi kabupaten lestari.

Saat ini, LTKL terdiri dari 9 kabupaten anggota di 6 provinsi di Indonesia dan bekerja sama dengan 21 jaringan mitra multipihak.

Rapat Umum Anggota LTKL pada tahun 2019 memutuskan bahwa komoditas berkelanjutan, terutama produk inovasi berbasis alam, akan menjadi prioritas bagi para anggota LTKL untuk mencapai target nasional untuk menyerap investasi berkualitas, menciptakan lapangan kerja dan mitigasi bencana.

Sebagai sebuah forum, LTKL berfungsi untuk membantu kabupaten anggota dalam menyusun strategi implementasi, menghubungkan dengan mitra yang tepat untuk meningkatkan kapasitas & mendapatkan insentif bagi upaya pembangunan berkelanjutan serta berbagi peluang dan wawasan terkait tantangan pembangunan berkelanjutan kepada publik.

Tentang Koalisi Ekonomi Membumi

Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) adalah sebuah gerakan kolektif yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem investasi lestari yang mengedepankan kearifan lokal Indonesia.

Melalui pendekatan kolaborasi multipihak, KEM mendorong perubahan sistemik yang memastikan kesejahteraan masyarakat dengan tetap melestarikan hutan, lahan gambut dan ekosistem penting lainnya dalam rantai pasok.

Koalisi ini terdiri dari akselerator & inkubator bisnis lestari, mitra pembangunan, perusahaan invetasi, asosiasi swasta, praktisi bisnis, dan didukung oleh pemerintah nasional dan daerah yang bekerja sama untuk menciptakankondisi optimal bagi pertumbuhan ekonomi lestari dan restoratif.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com