bar-merah

Hari Peduli Sampah Nasional, ASN Bolmong Runners dan Kokot Runners Gelar Saturday Long Run dan Fun Run

Sampah yang berhasil dikumpulkan langsung diangkut menggunakan armada pengangkut sampah milik Pemkab Bolmong kemudian di bawa ke TPA.

BOLMONG, ZONAUTARA.COM-Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, ASN Bolmong Runners bekerja sama dengan komunitas lari Kota Kotamobagu Runners (Kokot Runners) menggelar kegiatan Saturday Long Run yang mencakup lomba lari sejauh 21K dan 10K, serta Fun Run 5K. Acara ini diadakan dengan start dari Alun-Alun Boki Hotinimbang Kota Kotamobagu menuju Desa Bakan di Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sabtu, 2 Maret 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, termasuk pelaku usaha, bisnis rintisan, dan sektor informal, tentang pentingnya mengatasi pencemaran sampah plastik. Salah satu harapan dari kegiatan ini adalah mendorong partisipan dan masyarakat luas untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan edukasi dan kesadaran kepada komunitas lari, khususnya generasi Z, tentang pentingnya membuang sampah, khususnya kemasan plastik, pada tempatnya setelah berolahraga. Kami juga ingin mendorong masyarakat umum untuk lebih peduli terhadap isu sampah,” kata Kepala Bidang Pengedalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 di DLH Kabupaten Bolmong, Deasy Makalalag.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa pelaku usaha di Kabupaten Bolaang Mongondow, termasuk PT. J-Resources Bolaang Mongondow, PT. Kawasan Industri Mongondow, dan PT. Bulawan Daya Lestari. Bersamaan dengan kegiatan lari, PT. J-Resources Bolaang Mongondow juga menyelenggarakan Program Pengelolaan Sampah Yang Berkelanjutan, yang diikuti oleh sosialisasi tentang Pengelolaan Sampah dan Pencegahan Demam Berdarah. Program ini merupakan kerjasama antara PT. J-Resources Bolaang Mongondow, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolmong, dan Puskesmas Tanoyan Kecamatan Lolayan.

Acara ini turut dihadiri oleh pemerintah Desa, anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Dapil Lolayan, Febrianto Tangahu, serta masyarakat Desa Bakan. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga sebagai platform edukasi dan gerakan sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif dalam hal kebugaran fisik, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih,” tambah Febrianto Tangahu, Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Dapil Lolayan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com