bar-merah

Beri kemudahan akses dan keterbukaan informasi, Diskominfo Sitaro siapkan website desa dan kelurahan

Pelaksanaan Bimtek pengoperasian website desa dan kelurahan oleh Diskominfo Kabupaten Kepulauan Sitaro di Pulau Siau.

SITARO, ZONAUTARA.COM-Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai diperkenalkan di tingkat desa dan kelurahan.

Lewat penerapan website desa dan kelurahan, pemerintah setempat kini bisa memanfaatkannya untuk menyampaikan informasi, promosi dan publikasi desa baik untuk keunggulan misalnya pariwisata maupun ketersediaan produk asli hasil karya industri rumah tangga atau industri kecil menengah.

“Selain itu bisa juga mempublikasi profil desa, sejarah desa, visi dan misi kepala desa, serta laporan transparansi penggunanaan APBDes. Bisa juga sebagai informasi pengumuman program kegiatan seperti pembangunan fisik, Posyandu atau dasa wisma,” kata Kepala Dinas Kominfo, Stanley C.H Tukunang saat dihubungi, Jumat, 15 Maret 2024.

Untuk mewujudkannya, Diskominfo Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Bidang E-Government telah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi website desa dan kelurahan, bertempat di Kantor Camat Siau Timur, Kamis 14 Maret 2024.

Pesertanya, kata Stanley, sejumlah perwakilan desa/Kelurahan yang ada wilayah Siau. Diketahui sebelumnya, Bimtek ini telah dilaksanakan juga di pulau Tagulandang dan Biaro.

“Pemerintah desa dan kelurahan juga tidak perlu khawatir bimtek dan website ini gratis, selain itu tenaga ahlinya ada di Diskominfo, sehingga lebih mudah untuk berkonsultasi dan tanpa batas,” ucapnya.

Stanley juga menjamin pasca pelaksanaan Bimtek pemerintah daerah dalam hal ini Diskominfo Sitaro tetap akan melaksanakan pendampingan, monitoring dan evaluasi guna memastikan bahwa setiap desa dan kelurahan dapat memanfaatkan dengan maksimal website ini.

Ia menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan dengan adanya aplikasi website desa/Kelurahan, diharapkan dapat memudahkan akses informasi bagi masyarakat serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

“Bimtek ini juga bagian dari program kegiatan Kominfo dalam Peningkatan indeks SPBE yang merupakan target indikator kinerja utama dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro,” jelas dia sambil berharap pemerintah desa dan kelurahan segera memahami dan memanfaatkan aplikasi website desa/Kelurahan dengan optimal, sehingga memberikan dampak positif bagi kemajuan dan pelayanan di Kabupaten Sitaro.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com