bar-merah

(Prebunking): Ini tips terhindar dari modus baru penipuan, pengguna e-wallet wajib tahu

ZONAUTARA.com – Penipuan baru terkait keuangan kembali menyasar masyarakat Indonesia. Kali ini pelaku menyasar pengguna e-wallet atau dompet digital. Calon korban bakal dikirim notifikasi pembayaran yang membutuhkan konfirmasi pemilik akun.

E-wallet yang juga dikenal istilah dompet digital, adalah produk keuangan berbentuk aplikasi yang dapat menyimpan deposti uang dalam bentuk digital. Uang tersebut bisa digunakan melakukan berbagai jenis transaksi pembayaran dan juga bisa berfungsi seperti tabungan.

Menanggapi penipuan ini, akun instagram Siber Kreasi membagikan peringatan bentuk penipuan baru ini yang tanpa basa-basi, langsung menyasar nomor telepon calon korban yang terdaftar di aplikasi e-wallet. Tujuannya menjebak calon korban ke dalam transaksi pembelian gelap.

Modus komplotan penipu ini dengan cara mengirimkan sebuah notifikasi permintaan pembayaran. Sebuah notifikasi akan muncul di layar handphone calon korban untuk melakukan pembayaran sejumlah uang. Pemberitahuan ini meminta confirm payment atau konfirmasi pembayaran. Jika tidak cermat, calon korban akan menjadi korna penipuan saat menekan tombol konfirmasi pembayaran.

Untuk menghindari menjadi korban, tips sederhananya adalah mengabaikan notifikasi atau pemberitahuan apapun terkait pembayaran jika anda merasa tidak pernah melakukan transaksi pembelian atau sedang memesan barang.

Sementara jika memang sedang menunggu pembayaran dari orang atau pihak lain, atau sedang menunggu pengiriman dana, maka notifikasi di e-wallet akan menampilkan akun/nomor pengirim, dan secara otomatis saldo anda bertambah tanpa sama sekali melakukan konfirmasi atau mengklik tombol apapun.

Tips lainnya, jika tiba-tiba saldo anda bertambah, anda harus memastikan dana tersebut berasal dari pemilik akun sebagaimana pemberitahuan yang masuk, dengan cara menghubungi keluarga/teman/atau pihak lain yang disebutkan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com