bar-merah

KPU tetapkan hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran menang pilpres

KPU
Ketua KPU Hasyim Asy'ari. (Foto: KPU RI)

ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024), dengan menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres). Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengumumkan di Kantor KPU Jakarta bahwa pasangan ini berhasil meraih 96.214.691 suara.

Adapun pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara, diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di urutan ketiga dengan perolehan 27.040.878 suara. Total suara sah dalam Pemilihan Presiden 2024 sebanyak 164.227.475 suara.

Dalam pemilihan legislatif, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memimpin dengan 25.387.279 suara, atau 16,72% dari total suara sah nasional yang mencapai 151.796.631. Diikuti Partai Golkar dengan 23.208.654 suara, dan Partai Gerindra di urutan ketiga dengan 20.071.708 suara.

Kemenangan pasangan Prabowo-Gibran diumumkan bersamaan dengan penutupan rapat pleno oleh Hasyim Asy’ari, yang mengatakan bahwa secara bertahap akan dilanjutkan dengan penetapan hasil pemilu yakni perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta calon terpilih DPD.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengumumkan akan segera mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil pemilu.

Dalam sebuah siaran langsung, Anies menyatakan komitmen mereka untuk memperjuangkan suara mereka yang percaya pada perubahan. Anies mengakui bahwa kemungkinan mendapatkan keadilan terasa kecil, namun menegaskan bahwa mereka telah menyiapkan bukti, saksi, dan ahli untuk proses di MK.

Prabowo Subianto, dalam keterangan pers di kediamannya, mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini dan berterima kasih pada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya.

“Dalam hal ini saya – atas nama pribadi dan atas nama pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan atas nama koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami – ingin berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada seluruh rakyat Indonesia yang telah gunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024,” ucap Prabowo.

Dengan hasil ini, KPU memastikan langkah berikutnya termasuk penetapan pasangan calon terpilih presiden dan wakil presiden setelah mendapatkan konfirmasi dari Mahkamah Konstitusi terkait adanya gugatan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com