Cek Fakta: Hoaks postingan Facebook warga terima uang jutaan rupiah dari  Baim Wong 

Penulis: Jufri Fransicho Kasumbala
Salah satu foto postingan di FB yang menjelaskan menerima hadiah dari baim wong.

ZONAUTARA.com – Beredar di postingan di media sosial yang mengklaim mendapat giveaway uang puluihan juta rupiah dari artis ternama Indonesia Baim Wong. Postingan itu ramai beredar di Facebook. 

Tidak diketahui pasti tanggal akun tersebut mengupload, namun sejumlah tangkapan layar dibagikan ke netizen di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro di Provinsi Sulawesi Utara. 

Berikut isi postingannya:

"Terima kasih banyak pak baim wong, dan murah rezekinya ternyata bnrn juga apa yg di bilang pak baim wong aku bisa pergunakan uang hadiah Dri dia untuk bulan ini perekonomian serta hutang piutang kedua orang tua saya bisa terlunasi 🙏, semoga rezeki Dede KIANO dan KENZO di bulan ini di rendah kan dan mksih juga sbnyk bnyaknya buat pak Baim wong dan ibu Paula 🙏 , untuk teman teman yg mau ikutan langsung hubungi wa admin give away pak Baim wong. 089601971241 ataupun bisa langsung inbox sja bisa aku bantu 🙏” 

Benarkah Baim Wong membagikan sejumlah uang yang diposting akun tersebut ?

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Zonautara.com mencoba mengunjungi akun yang memposting informasi tersebut, pada 28 Maret 2024, pukul 10.18 WITA. Saat ditelusuri di profilnya, ternyata sudah tidak ditemukan lagi postingan tersebut. Tim Cek Fakta juga mencoba menghubungi lewat inbox tapi belum direspon.  

Tim kembali mencoba penelusuran dengan menghubungi nomor akun Whatsapp yang tertera dalam postingan itu. Saat dibuka profilnya nampak sebuah flayer yang memperlihatkan Baim Wong disertai gambar sejumlah mobil, motor serta uang. Akun ini tidak mengijinkan untuk tangkapan layar profil ataupun direkam layar, gambarnya juga buram seperti koneksi internet sedang loading, padahal dilakukan beberapa kali nyatanya gambar di profil tetap tidak jelas. Beberapa kali juga dihubungi tidak direspon. 

Fakta lain ditemukan lewat penelusuran akun Baim Wong di Instagran, @baimwong yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Pada akun milik artis tersebut, beberapa kali membuat postingan bantahan adanya pembagian sejumlah uang. 

“Selamat tahun baru. Rutinitas tiap tahun, selalu nasehatin jangan sampe ketipu ya. Kalau masih pengen nipu, nipunya jangan pake nama guee,” ujar Baim Wong dalam postingan yang diunggah pada 2 Januari 2024.

“Yang pernah kena tipu, ke kantor tiger wong bawa buktinya. Bisa bantu sampe lapor polisi,” ujarnya menambahkan.

Penelusuran ini juga sudah tayang di kanal Cek Fakta Liputan6.com, yang bisa dikunjungi https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5504720/cek-fakta-hoaks-baim-wong-bagikan-giveaway-rp-50-juta-dengan-cara-daftar-via-whatsapp?page=2

Dalam postingan yang lain, Baim Wong juga mengunggah keprihatinannya akan maraknya penipuan yang mencatut nama dirinya.

“Bagaimana cara mereka ini ditangkep2in. Saya kasian sama org2 yg masih kena tipu. Sampai skrg masih banyak bgt oknumnya. Tolong, kasian orang2 kecil yg ketipu. Berbagai laporan sudah saya lakukan. Kagetnya skrg mereka berani mengatasnamakan @poldametrojaya. Semoga cepet ditindak sampai akar2nya”

Sementara itu, dalam penelusuran lain, di Antaranews.com (https://m.antaranews.com/amp/berita/3678312/waspada-modus-penipuan-giveaway-mengatasnamakan-baim-wong) dijelaskan beredar tangkapan layar dari pelantar WhatsApp terkait pesan yang menyebutkan jika penerima berhasil terpilih menjadi pemenang giveaway dari artis Muhammad Ibrahim atau Baim Wong.

Dalam pesan yang dikirim oleh nomor +6285716467949 tersebut, penerima pesan tersebut diminta untuk menyebutkan nama lengkap Baim Wong dan mengklik tautan akun WhatsApp lainnya agar bisa mendapatkan hadiah.

Berikut narasi dari pesan tersebut:

“assalamualaikum untuk mas/mbak. anda terpilih pemenang giveaway bapau FAMILY dan syaratnya cukup mudah untuk mendapatkan hadiahnya. silahkan jawab quis nya (SIAPA NAMA LENGKAP BAIM WONG) kirim jawabannya dinomor yang di bawah ini. WHATSHAP: https://wa.me/message/OLKN3BRLHEPMB1”

Tim JACX melakukan penelusuran dengan mengklik tautan WhatsApp yang diberikan dan terhubung dengan nomor akun dengan nomor +6287744964810. Begitu dihubungi, oknum tersebut langsung mengiming-imingi dengan mendapatkan hadiah cek tunai sebesar Rp50 juta.

Oknum tersebut juga meminta agar penerima pesan mengirimkan data-data pribadi seperti nama lengkap, kota asal, alamat lengkap, nama bank, nama rekening, maupun nomor KTP.

Oknum tersebut juga meminta agar penerima pesan mentransfer sejumlah uang, sebelum hadiah giveaway ditransfer ke rekening penerima.

Penipuan dengan mencatut nama artis Baim Wong bukan kali ini saja. Sebelumnya pada April 2023, pihak Polda Sumut berhasil meringkus MK, penipu yang mencatut nama artis Baim Wong dengan modus yang serupa. Penipu mengiming-imingi korban dengan hadiah besar dengan syarat korban harus mengirimkan uang transfer terlebih dahulu.

Sebelumnya pada 19 Juli 2021, Baim Wong dan pasangannya Paula, menegaskan bahwa giveaway yang mereka berikan hanya diadakan di Youtube dan akun Instagram resmi mereka. Selain itu, pelaksanaan giveaway selalu dilakukan secara live dan memiliki jam tersendiri. Hal itu dilakukan untuk menghindari aksi penipuan.

Dalam akun Instagramnya pada 26 Juli 2023, Baim Wong menegaskan bahwa giveaway yang mereka lakukan tidak pernah meminta uang transfer.  Hal itu dilakukan untuk menanggapi penipuan giveaway palsu yang mengatasnamakan dirinya dengan melampirkan surat kepolisian.

Kesimpulan: 

Pemberian hadiah atau giveaway dari artis Baim Wong yang beredar di sejumlah media sosial tidak benar dan merupakan modus penipuan. 

Sumber:

https://www.instagram.com/p/C1lbu1JrlJG/?hl=id&img_index=1

https://www.instagram.com/p/CzfWVV3yw-J/?hl=id

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5504720/cek-fakta-hoaks-baim-wong-bagikan-giveaway-rp-50-juta-dengan-cara-daftar-via-whatsapp?page=2

https://m.antaranews.com/amp/berita/3678312/waspada-modus-penipuan-giveaway-mengatasnamakan-baim-wong



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com