bar-merah

Irena apresiasi upaya Pemkab Sitaro wujudkan satu data, BPS siap bersinergi

Kepala BPS Sitaro, Irena Listianawati, ditemui usai kegiatan launching integrasi SIPD Kemendagri dan Portal Satu data.

SITARO, ZONAUTARA.COM-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Irena Listianawati mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah dalam mengaktifkan website portal satu data Sitaro yang telah teintegrasi dengan data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Saya selaku perwakilan BPS Indonesia di Kabupaten Kepulauan Sitaro mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena setahu kami baru Sitaro di Sulawesi Utara ini yang melakukan integarsi antara SIPD Kemendagri dan portal satu data,” kata Irena, yang ikut hadir saat launching integrasi data SIPD Kemendagri dan portal satu data Sitaro, Selasa, 26 Maret 2024.

Irena menuturkan apa yang dilakukan pemerintah merupakan sebuah kemajuan dalam penyelenggaran satu data indonesia. Ia juga menjelaskan ketika ini sudah berjalan maka BPS akan ikut menikmati keuntungannya.

“Satu data Sitaro kan sudah terintegarsi dengan satu data Sulut ada For D One yang bisa dilihat dan diakses langsung gubernur dan juga bisa diakses hingga pemerintah pusat, sehingga betul – betul program satu data ini terlaksana,” ucap Irena lagi.

Dalam upaya penyelesaian tahapan, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pemeriksaan data dan penyebarluasan data, ia berharap data yang sudah dikumpulkan ini bisa divalidasi. BPS sebagai pembina data akan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Sitaro.

“Kominfo dan BPS bisa sama – sama bersinergi, bagaimana data ini setelah dimasukkan, kemudian dilihat mana yang valid datanya, kemudian dari tahun ke tahun angkanya masuk akal karena mempengaruhi kualitas data,” jelas Irena.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com