bar-merah

Cek Fakta : Keliru, video berisi klaim Nata De Coco berbahaya bagi kesehatan

ZONAUTARA.com – Beredar sebuah video dari pesan berantai yang mengklaim bahwa makanan dengan merk Nata de Coco berbahaya bagi kesehatan karena mengandung plastik. Tampak seorang laki-laki dalam video itu menunjukkan sebuah kemasan makanan Nata de Coco yang isinya seperti plastik sintetis yang tidak mudah terurai di dalam tubuh.

“Produk itu bukan dari sari kelapa dan berbahaya bagi kesehatan keluarga kita. Walaupun produknya bermerk, tapi fungsinya tidak jelas bagi kesehatan kita,” katanya.

Benarkah makanan dengan merk Nata de Coco berbahaya bagi kesehatan karena mengandung plastik sintetis?

Penelusuran Fakta

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam website resminya telah mengkonfirmasi bahwa makanan dengan merk Nata de Coco menggunakan serat pangan selulosa. Direktur Pengawasan Pangan Olahan Risiko Rendah dan Sedang Badan POM, Ema Setyawati menyatakan produk tersebut aman dikonsumsi karena tidak mengandung plastik seperti disebutkan dalam video yang beredar.

Badan POM telah melakukan pengawasan pre dan postmarket terhadap produk Nata de Coco. Sepanjang pengawasan lima tahun terakhir tidak ada produk nata de coco yang mengandung plastik.

“Hasil uji sampling Badan POM tahun 2019 menyatakan 100% produk Nata de Coco memenuhi syarat,’’ tuturnya dalam Diskusi Media “Kebaikan Nata De Coco Kelapa Indonesia” di Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Nata de Coco merupakan bahan pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa yang dalam proses pembuatannya dihasilkan serat selulosa yang baik untuk pencernaan.

“Produk Nata de Coco dengan nomor izin edar dalam negeri sebesar 69,6% dibandingkan produk impor 30,3%, sehingga yang paling besar terdampak dengan adanya isu ini yakni produk lokal,” jelas Ema Setyawati.

Dilansir dari website Wongcoco.com berdasarkan studi yang dilakukan Puslitbang Biologi LIPI, kandungan gizi Nata de Coco per 100 gram nata, diketahui mengandung 80% air, 20 gram karbohidrat, 146 kal kalori, 20 gram lemak, 12 mg Kalsium, 2 mg Fosfor dan 0,5 mg Ferrum (besi).

Sedangkan kandungan gizi 100 gram Nata de Coco yang dikonsumsi dengan pemanis atau sirup adalah 67,7% air, 12 mg Kalsium, 0,2% lemak, 2 mg Fosfor (jumlah yang sama untuk vitamin B1 dan Protein), 5 mg zat besi dan 0,01 ng (mikrogram) Riboflavin.

Kesimpulan

Verifikasi Tempo menyimpulkan bahwa  klaim nata de coco berbahaya bagi kesehatan karena mengandung plastik sintetis adalah keliru.

Nata de Coco merupakan pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa yang dalam proses pembuatannya dihasilkan serat selulosa yang baik untuk pencernaan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com